Atlet Anggar Asal Kukar Sumbang Medali Emas Untuk Indonesia

Ima Safitri (tengah) sesaat sebelum menerima pengalungan medali emas di ajang Asean University Games 2016
Foto: Istimewa

Nama atlet anggar asal Kutai Kartanegara (Kukar), Ima Safitri, bergaung di kancah Internasional pada pesta olahraga mahasiswa se-ASEAN (Asean University Games/AUG) ke-18 yang berlangsung di Singapura pada 11-18 Juli 2016.

Dilansir dari salah satu media lokal, Ima yang tampil dengan senjata sabel berjaya mengharumkan nama Indonesia dan berhasil menyumbangkan medali emas setelah mengalahkan atlet asal Thailand, Ngernrung­ruangroj Pornsavan dengan skor tipis 15-14.

Selain Ima, rekannya sesama atlet asal Kaltim yakni Atikah Zahrian juga berlaga di cabor anggar, namun Atikah yang tampil dengan senjata floret tak bisa memberikan penampilan seapik Ima hingga harus terhenti di babak 8 besar.

Ima dan Atikah merupakan dua dari 12 atlet Anggar Indonesia yang dipanggil Pengurus Besar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (PB IKASI) mengikuti kejuaraan AUG 2016. Bagi Kaltim, keikutsertaan keduanya bermanfaat untuk menambah jam terbang dan pengalaman tan­ding atlet.

Untuk diketahui, AUG 2016 diikuti atlet mahasiswa dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara yakni Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, Filipina, Laos, Kamboja, Vietnam, Timor Leste, Brunei Darussalam serta Myammar.

Indonesia pada ajang ini mengirim 126 atlet yang mengikuti 12 cabang olahraga yakni renang, menembak, polo air, pencak silat, dayung, bulu tangkis, bola voli, anggar, pentaque, panahan, atletik dan bola basket.

Hingga hari terakhir penyelenggaraan AUG ke-18, Indonesia berada di posisi kedua dibawah Thailand dengan meraup 33 medali emas, 53 perak dan 28 perunggu dengan total perolehan sebanyak 114 medali. (end)

Berprestasi, Ima Didukung Penuh Atasannya

Bekerja sebagai anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kukar, Ima mendapat dukungan dari pimpinannya. Hal tersebut diungkapkan Kepala Satpol PP Kukar, Fida Hurasani, yang mengaku bersyukur atas pencapaian prestasi anggotanya dalam bidang olahraga di kejuaraan Internasional.

"Yang pasti syukur Alhamdulillah Ima Safitri bisa berhasil di event tersebut, secara moril kami di Satpol PP selalu mendukung penuh setiap personil untuk berprestasi di semua kegiatan yang ada, baik olah raga maupun yang lainnya," ucapnya.

Dikatakannya, Pemerintah daerah melalui Satuan Polisi Pamong Praja berusaha memberikan perhatiannya terhadap atlet-atlet Kukar yang berprestasi.

"Bukan hanya di Satpol PP, banyak SKPD yang memfasilitasi rekan-rekan atlet yang berprestasi dan mengharumkan nama Kukar. Secara umum itulah bentuk dari upaya Pemkab Kukar memberikan perhatiannya terhadap rekan-rekan yang kami anggap sebagai pahlawan Kukar," jelasnya.

Terkait keikutsertaan Ima pada kejuaraan PON/XIX bulan September 2016 mendatang di provinsi Jawa Barat, pihaknya akan selalu mendukung Ima yang akan kembali bertanding membawa nama daerah.

"Ima kami harapkan tetap konsentrasi penuh untuk menghadapi event-event mendatang, semua rekan kerjanya selalu mendukung dan mensupport agar terus bisa berprestasi dan terus mengharumkan nama baik Kukar," tuturnya.

Dalam torehan prestasi, atlet kelahiran Tenggarong tahun 1994 silam itu kerap dipanggil untuk mengikuti event atau kejuaraan Internasional. Ima tercatat pernah meraih medali perak pada PON 2012 di provinsi Riau, kemudian merebut medali emas di nomor sabel junior dan peraih perak nomor sabel senior Kejurnas 2013 di Jakarta. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top