Perpustakaan Nasional Bantu Kukar Mobil Keliling

Sekda Kukar Sunggono didampingi Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustkaan Aji Hasanuddin
Foto: Endi

Satu unit mobil keliling bantuan dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) diserahkan kepada pemerintah kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar).

"Alhamdulillah kita dapat bantuan dari Perpustakaan Nasional," terang Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kukar, Aji Hasanuddin, Senin (11/03/2019) lalu.

Ia mengatakan, selain buku-buku baru, mobil perpustakaan keliling itu juga dilengkapi dengan sejumlah sarana.

"Bantuannya satu paket, dilengkapi 1 unit televisi serta mesin genset," jelas pria yang akrab disapa Aji Hasan itu.

Dengan adanya bantuan tersebut, saat ini Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kukar telah memiliki empat unit mobil keliling.

"Kita sudah punya empat, bantuan dari pemerintah provinsi dan pusat, tapi yang aktif saat ini cuma dua, sisanya tidak layak lagi digunakan," ungkapnya.

Dikatakannya lagi, untuk lebih meningkatkan minat baca, mobil perpustakaan yang telah ada sebelumnya setiap pekan ditempatkan di lokasi keramaian.

"Tiap Minggu pagi kita parkir di Car Free Day (CFD). Kemudian di Taman Pintar setiap Sabtu dan Minggu sore," bebernya.

Tak hanya di kota Tenggarong, sejak tahun ini pula mobil perpustakaan keliling mendatangi sekolah-sekolah di beberapa kecamatan terdekat.

"Kita sudah mulai ke Loa Kulu, Tenggarong Seberang dan Kota Bangun. Tapi itu juga disesuaikan dengan anggaran," jelas Aji Hasan.

Selain bantuan mobil perpustakaan keliling, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kukar juga menerima piagam penghargaan dari Arsip Nasional RI sebagai Pemkab dengan kategori "Baik". (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top