Apel Kesiapsiagaan Tanggap Bencana di Kukar, TNI-Polri Siap Bersinergi

Bupati Kukar pimpin apel kesiapsiagaan tanggap bencana didampingi Dandim dan Kapolres
(Foto: Endi)

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah meminta ditingkatkannya kemampuan dan ketrampilan serta kepekaan terhadap perubahan dinamika masyarakat yang begitu cepat untuk mendeteksi dini terjadinya potensi bencana terutama banjir di wilayah Kukar.

"Tingkatkan koordinasi dan komunikasi dengan segenap instansi terkait agar tugas penanggulangan bencana bisa berjalan dengan lancar dan terarah," ucapnya saat memimpin apel kesiapsiagaan tanggap bencana di halaman markas Kodim 0906/Tenggarong, Selasa (07/01) pagi.

Edi juga meminta agar tugas penanggulangan bencana dilaksanakan dengan penuh semangat dan tanggung jawab serta professional.

"Serta kenali dan kuasai situasi dalam pelaksanaan tugas, sehingga penanggulangan bencana dapat berjalan dengan lancar dan tidak terdapat korban, baik dari petugas maupun masyarakat." ujarnya.

Dandim 0906/Tenggarong Letkol Inf Charles Alling mengatakan, digelarnya apel kesiapsiagaan tanggap bencana merupakan komitmen TNI-Polri dalam mendukung setiap program pemerintah daerah.

"Ini adalah bagian dari amanat Undang-undang dalam konteks untuk terus mensinergikan dan mempersiapkan diri dalam perbantuan kita kepada pemerintah daerah," katanya.

Dandim 0906/Tenggarong memperlihatkan sejumlah peralatan untuk menghadapi bencana alam
(Foto: Endi)

Dikatakan Alling, pihaknya juga bersinergi dengan berbagai pihak untuk bersama-sama melakukan langkah-langkah dan tahapan antisipasi penanggulangan bencana alam, guna mencegah timbulnya korban baik personil maupun materil. 

"Kita melakukan langkah preemtif dengan sosialisasi, FGD, penyuluhan, himbauan, pemasangan pamflet untuk mengedukasi masyakarat. Sedangkan langkah preventif kita menandatangani MoU bahwa sudah ada kegiatan riil untuk normalisasi sungai dan drainase. Saya sudah berkoordinasi dengan BPBD dan Dinas PU untuk memetakan simpul banjir yang akan kita sasar," bebernya.

Berkaca dari musibah banjir yang terjadi di Kukar beberapa waktu lalu, Kapolres Kukar AKBP Andrias Susanto Nugroho akan bersinergi bersama TNI, pemerintah, swasta, maupun elemen masyarakat untuk memetakan titik rawan banjir.

"Sehingga dengan Mapping tersebut kita bisa memperingatkan masyarakat khususnya yang berada di daerah aliran sungai. Kita juga akan mempersiapkan personil di Polsek-polsek maupul Koramil bekerjasama dengan pihak kecamatan," tukasnya. 

Selain jajaran Kodim dan Polres, apel ini juga melibatkan Satpol PP, BPBD, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, organisasi masyarakat, organisasi kepemudaan hingga Pramuka. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top