Buka Muskab VII KADIN Kukar, Edi Damansyah Tekankan Pembinaan UMKM

Bupati Edi Damansyah menyampaikan sejumlah pesan pada pembukaan Muskab VII KADIN Kukar
(Foto: Endi)


Sejumlah pesan disampaikan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah saat membuka Musyawarah Kabupaten (Muskab) VII Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Kukar, Senin (29/11/2021) di Ballroom Hotel Grand Elty Singgasana, Tenggarong.

Dalam Muskab ini, ia meminta jajaran pengurus KADIN Kukar tidak hanya fokus kepada pergantian kepengurusan dan program kerja, namun juga menguatkan kebersamaan serta kekompakan untuk perubahan kedepan.

"Salah satu tugas fungsi pokok KADIN adalah melakukan pembinaan, fasilitasi UMKM, mengurus hal yang berkaitan dengan perdagangan dan industri. Itu harapan saya nanti kedepan," katanya kepada sejumlah awak media.

Terkait fasilitasi dimaksud, dia menyebut jika saat ini produk UMKM harus dikawal terutama hilirisasi atau pemasarannya.

"Saya berharap KADIN ini hadir disana (UMKM, Red) untuk nanti mencari peluang-peluang. Yang pentingnya kerja bersama, tidak ada keberhasilan kalau kerjanya sendiri-sendiri," pinta Edi.

Orang nomor satu di Kukar ini juga menyinggung agar KADIN tidak hanya sebagai penyedia jasa atau diistilahkannya dengan sebutan "Kontraktor APBD".

"Anggota KADIN memang penyedia jasa, tapi selama ini saya melihat di Kutai Kartanegara hanya baru sektor itu (Kontraktor, Red) yang dilakoni, sementara yang berkaitan dengan perdagangan dan industri belum ada kehadiran KADIN Kutai Kartanegara," ujarnya.

Edi menambahkan, KADIN Kukar memiliki banyak tantangan kedepan, baik sumber daya manusia, maupun ketatalaksanaan dalam organisasi yang akan terus berproses.

"Tapi yang ingin saya tegaskan, KADIN ini mitra pemerintah. Saya hanya ingin mitra ini bisa bekerja bersama-sama," tandasnya.

Untuk diketahui, Muskab yang dihadiri Ketua KADIN Kaltim Dayang Donna Faroek ini dilaksanakan untuk mempertanggungjawabkan kepengurusan KADINDA Kukar masa bakti 2016-2021 dibawah kepemimpinan Syaiful Anwar. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top