BBGRM Ke-19 Tingkat Kabupaten Kukar Dicanangkan di Desa Loh Sumber

Pencanangan bulan bhakti gotong royong ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Bupati Kukar
(Foto: Hendro Aldino)

Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-19 tingkat kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dicanangkan di desa Loh Sumber, kecamatan Loa Kulu, Rabu (25/05/2022).

Dalam kegiatan ini Bupati Kukar Edi Damansyah dan Wakil Bupati Rendi Solihin melaksanakan gotong royong bersama masyarakat di sekitar Taman Kayu Mas hingga gapura desa Loh Sumber, dilanjutkan dengan penanaman pohon dan penebaran benih ikan.

Pencanangan BBGRM ke-19 ini juga dihadiri sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), unsur Forkopimda, Camat, Lurah dan Kepala Desa Se-Kukar.

Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan, BBGRM merupakan kegiatan rutin pemerintah yang dilaksanakan setiap tahun, namun karena pandemi COVID-19, dalam 2 tahun kegiatan tersebut urung dilaksanakan.

"Bulan bhakti gotong royong ini harus dimaknai bagaimana kehadiran pemerintah dan masyarakat untuk melakukan kegiatan bersama gotong royong di lingkungan masing-masing," ujarnya.

Kegiatan gotong royong masyarakat ini diharapkan dapat dijadikan motivasi oleh masing-masing Camat, Kepala Desa, Lurah, hingga Ketua RT (Rukun Tetangga) Se-Kukar. Untuk meningkatkan gotong royong dimaksud Pemkab Kukar pun telah mengeluarkan kebijakan program Rp 50 juta per RT.

"Itu salah satunya juga mendorong supaya kegiatan gotong royong di lingkungan RT bisa lebih meningkat lagi, seperti fasilitasi pembiayaan untuk membeli keperluan yang diperlukan," kata Edi.

Dia menambahkan, gotong royong adalah bagian dari komitmen bersama dan menjadi kekuatan seluruh komponen di Kukar, sebab menurutnya tidak ada persoalan bisa terselesaikan jika tidak dikerjakan bersama, salah satu wujudnya melalui gotong royong.

"Bulan bhakti gotong royong ini bagian dari kita memberikan edukasi untuk penguatan, sehingga pada bulan-bulan berikutnya tetap berjalan dengan baik," cetusnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top