BLT BBM dan Sembako Disalurkan Ke 10.677 Penerima Manfaat di Kukar

Bupati Kukar bersama warga penerima BLT BBM dan Sembako di halaman Kantor Pos  Tenggarong
(Foto: Endi)

Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) program subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Sembilan Bahan Pokok (Sembako) periode September 2022, Rabu (08/09) pagi.

Penyaluran bantuan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Kukar Edi Damansyah kepada perwakilan warga penerima manfaat di halaman Kantor Pos Tenggarong.

"Mudah-mudahan kebijakan pemerintah yang ditetapkan oleh Presiden Jokowi khusunya BLT ini sampai dengan baik, bisa dimanfaatkan dengan baik," ujar Edi.

Ia mengatakan, penyaluran program ini dilaksanakan secara serentak melalui Kantor Pos di masing-masing daerah, Pemkab Kukar sendiri terus mengawal agar proses penyalurannya berjalan lancar.

"Bahkan tadi saya berupaya mencari data-data yang menerima itu, karena informasi yang dilaporkan bahwa Kutai Kartanegara ini penerimanya 10.677," cetusnya.

Basis data penerima manfaat BLT didasarkan pada data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS), sedangkan verifikasi data penerima dilakukan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial (Kemensos).

"Kami berharap setelah penyaluran ini kita melakukan validasi lagi, karena kami sekarang sedang bekerja untuk melakukan verifikasi dan validasi DTKS tahun 2022 supaya terupdate dengan baik, supaya kebijakan pemerintah ini tepat kepada yang memang sesuai kriteria baik secara persyaratan maupun fakta di lapangan bahwa dia berhak untuk menerima," kata Edi.

Dia meminta Kantor Pos dapat melakukan jemput bola khususnya untuk warga Kukar yang berada di kecamatan dengan tingkat kesulitan geografis seperti warga desa di kecamatan Muara Wis dan Anggana.

"Itu nggak mungkin warga masyarakatnya yang datang ke ibu kota kecamatan, petugas kita lah yang ke desa-desa, dari rumah ke rumah," pintanya.

Kepala Kantor Pos Tenggarong Budi Santoso menyebutkan, warga penerima manfaat dapat mengambil bantuan dengan cara membawa KTP dan Kartu Keluarga ke Kantor Pos sesuai jadwal hingga 2 minggu kedepan.

"Secara nasional itu 14 hari, riilnya biasanya kami diberi waktu sebulan untuk sisa-sisa pembayaran dalam jadwal," ucapnya.

Dirinya pun menyikapi permintaan Bupati Kukar agar penyaluran bantuan di luar kecamatan Tenggarong dapat terlaksana dengan baik.

"Kami jemput bola, berkoordinasi dengan kecamatan dan kelurahan serta para pendamping untuk menyesuaikan jadwal," jelas Budi.

Ditambahkannya, jumlah  bantuan program ini senilai Rp 500 ribu untuk masing-masing penerima manfaat dengan rincian Rp 300 ribu untuk subsidi BBM, sedangkan Rp 200 ribu lagi untuk Sembako periode September. 2022 

"Untuk kantor Pos Tenggarong menyalurkan sekitar 14.799 penerima manfaat, dimana wilayah kerja kami meliputi Kukar, Kutai Barat dan Mahakam Ulu," tandasnya. (mmbse)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top