Tahap Krusial Pembangunan Jembatan Kukar



Rangka Jembatan Kukar
Foto: Ekn
kutaikartanegaranews - 02/12/2014
Pembangunan jembatan Kutai Kartanegara (Kukar) yang dikerjakan oleh PT. Hutama Karya (HK) kini sudah mencapai tahap 76 persen dan dalam proses perakitan bentang tengah atau bentang utama, namun perakitan tersebut terkendala dengan adanya faktor penghalang seperti lalu lintas kendaraan air yang melewati dibawah dan sekitar jembatan.


Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kukar Ahyani Fadhianur Diani dalam keterangannya pada senin (1/11) lalu mengatakan, faktor penghambat lainnya yakni ketinggian air sungai mahakam hingga perubahan cuaca dari panas ke hujan.

Perakitan tersebut memang memasuki tahap krusial, dimana bentang tengah harus menyatu dan tidak boleh meleset sedikit pun dengan kedua bentang jembatan yang berada sisi Kota Tenggarong dan Tenggarong Seberang, sehingga saat bertemu ditengah sungai mahakam panjang setiap sisinya tetap sama dan bertemu secara presisi.

Ahyani juga menambahkan, pemasangan bentang tengah (utama) perlu beberapa persiapan diantaranya pemasangan bearing pile cap yang berfungsi untuk memasang rangka bentang tengah, selain itu untuk menyesuaikan elevansi permukaan air sungai mahakam juga akan dilakukan penambahan ketinggian temporary tower atau tiang penyangga dengan ketinggian minimal 75 meter dari ketinggian yang ada saat ini yakni 42 meter.(ekn*)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top