Stok Daging Sapi di Kota Tenggarong Masih Aman

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Unit Pelaksana Teknis Pemotongan Hewan telah mengantisipasi meningkatnya permintaan daging sapi selama bulan Ramadhan dan menjelang lebaran 1436 hijriyah di wilayah kota Tenggarong.

Kepala UPTD RPH Mangkurawang, Sumarni
Foto: Joe Humas Kukar
Kepala UPTD Pemotongan Hewan, Sumarni, selaku pengelola Rumah Potong Hewan (RPH) yang berada di Kelurahan Mangkurawang, mengatakan, warga masyarakat tidak perlu khawatir dengan persediaan stok daging sapi untuk keperluan selama bulan puasa hingga menjelang hari lebaran nanti.

Dijelaskan Sumarni, setiap harinya RPH menyediakan sekitar 40 ekor sapi siap potong.

Selama Ramadhan ini pula rumah pemotongan hewan memotong hewan sapi dari 6 sampai 9 ekor perharinya. Pihaknya pun siap melayani dan memasok kebutuhan daging sapi ke pedagang daging sapi di pasar Tangga Arung, Tenggarong.

Terkait harga daging sapi di pasar tersebut, Menurut Sumarni saat ini harganya masih stabil yakni berada dikisaran harga Rp 125 hingga Rp 130 ribu perkilogram.

Untuk diketahui, RPH ini dalam praktek pemotongan hewan senatiasa menerapkan kaidah ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal). Hal ini sesuai Undang undang nomer 18/2009 dan Peraturan Menteri Pertanian tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan. (ekn)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top