Lusa, RSUD AM Parikesit Siap Operasikan Gedung Baru

Gedung baru Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) AM Parikesit yang terletak di jalan Ratu Agung, Tenggarong Seberang, siap di fungsikan, seluruh bentuk operasional pelayanan akan dialihkan dari rumah sakit lama mulai Senin 28 Desember 2015 lusa.
Foto: Dok.Humas RSAMP

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) AM Parikesit Tenggarong, Mulai Senin (28/12) lusa, akan segera dipindahkan. Terkait kesiapan perpindahan, Pihak manajemen rumah sakit beberapa waktu lalu telah mengadakan rapat koordinasi di gedung yang baru, Auditorium Merak lantai 3, Tenggarong Seberang.

Rapat dipimpin langsung oleh dr. Martina Yulianti selaku Direktur, didampingi wakil Direktur Umum & Keuangan serta wakil Direktur Pelayanan. Termasuk Kepala Bagian dan Bidang, Kepala Sub Bagian dan Kepala Seksi, Kepala Instalasi, Kepala Ruangan serta seluruh staf pegawai yang terlibat langsung dalam persiapan Rumah Sakit di Gedung Baru.

Martina Yulianti mengatakan, Rapat koordinasi tersebut bertujuan untuk mengukur dan mengetahui sejauh mana persiapan perpindahan yang telah dilakukan. Hal ini dimaksudkan agar tidak ada kesalahan perhitungan dalam melakukan perpindahan. "Jika terdapat kekurangan yang belum terlaksana kita harus bisa melakukannya lebih cepat sehingga bisa berjalan sesuai tanggal yang telah ditetapkan."ungkapnya.

Setiap koordinator yang bertanggung jawab dalam proses perpindahan sambungnya, diminta menjelaskan pencapaian yang telah dilakukan dan hal apa saja yang menjadi kendala, seperti proses perpindahan barang-barang yang ada di gedung lama, meliputi ruang poli, ruang rawati inap, ruang instalasi yang didalamnya terdapat alat-alat kesehatan, barang elektronik dan barang-barang yang dianggap masih layak digunakan untuk dibawa ke gedung baru.

Ia melanjutkan, Mengenai kesiapan yang dilakukan telah mencapai target kurang lebih sekitar 80 persen dalam hal pengangkutan sarana dari gedung lama ke gedung baru dan masih akan terus berproses sampai dengan waktu yang telah ditentukan. 

"Untuk kesiapan gedung baru sendiri dijelaskan oleh bidang penunjang bahwa kelengkapan ruang rawat inap seperti AC, Air, Listrik telah siap digunakan, walaupun ada beberapa komponen kecil yang masih harus diperbaiki,"terang wanita yang akrab disapa dokter Yuli ini.

Untuk persiapan perpindahan pasien tambahnya, telah disusun prosedur atau mekanisme dari bidang pelayanan dan keperawatan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Hal ini ditunjang dengan kesiapan armada ambulan yang secara bertahap akan melakukan proses mobilisasi pasien dari rumah sakit lama ke gedung baru.

"Sehingga tanggal 28 Desember 2015 dipastikan pelayanan di gedung baru siap beroperasi dan diharapkan seluruh karyawan RSUD AM Parikesit saling bahu-membahu dan dapat saling berkoordinasi demi kelancaran proses perpindahan ini,"jelas Yuli.

Untuk diketahui, Bangunan rumah sakit yang berdiri diatas lahan seluas 5 hektar ini terdiri dari 6 (enam) gedung untuk keperluan pelayanan, yakni, 5 gedung penunjang dan 1 gedung perkantoran. Setiap gedung diberi nama-nama burung seperti Merak, Garuda, Elang, Rajawali, Punai, dan Enggang.

Gedung 3 lantai rumah sakit juga terhubung dengan connecting bridge dan dilengkapi dengan lift yang mampu memuat ranjang pasien, ditambah dengan tersedianya peralatan kesehatan yang semakin canggih disertai fasilitas pendukung lainnya. (hms/end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top