FKH Kukar Kampanye Peduli Sampah di Pasar Tangga Arung

Forum Komunitas Hijau Kukar dan beberapa komunitas di Tenggarong membersihkan sampah di Pasar Tangga Arung
Foto: Ambar 

Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2016. Forum Komunitas Hijau (FKH) Kukar mengandeng beberapa komunitas untuk turun langsung mengkampanyekan kebersihan di Pasar Tangga Arung, Tenggarong, Minggu (21/02) pukul 07.00 Wita. 

Namun sayangnya di pasar tersebut tidak sedikit lapak yang tidak memiliki tempat sampah dan membiarkan sampah-sampah plastik berceceran didepan kios jualannya. 

Camat Tenggarong Mulyadi yang juga turut berpartisipasi dalam kampanye peduli sampah kemarin terlihat geram. Sembari mengumpulkan sampah-sampah, Mulyadi dan seluruh anggota yang terlibat menghimbau masing-masing pemilik lapak atau kios agar memiliki tempat sampah. 

“Saya himbau untuk seluruh pedagang agar memiliki tempat sampah dimasing-masing lapaknya,” ucapnya. 

Ia pun sangat menyayangkan masih adanya sampah yang dibuang dengan sengaja dan bukan pada tempatnya. Padahal menurutnya, Pemerintah daerah sudah membuat larangan beserta sanksi bagi yang melanggarnya.

“Diperda sudah jelas, bagi warga yang membuang sampah sembarangan tidak pada tempatnya maka akan dikenakan denda Rp5 juta,” tegas Mulyadi. 

Dalam kegiatan ini, Kurang lebih sebanyak 40 orang dari Komunitas OI, Wamapala, Tenggarong Reggae, Onthel Tenggarong, dan PECHI Tenggarong telibat dalam kampanye peduli sampah. 

Selain memungut sampah-sampah, kampanye ini juga untuk memberitahukan kepada masyarakat tentang perda yang mengatur sanksi bagi siapa saja yang melakukan pelanggaran dengan membuang sampah sembarangan melalui Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 tahun 2014 tentang Pengelolaan Sampah. (amb/end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top