Lembaga Budaya dan Adat Kutai Ajak Masyarakat Kaltim Jaga Keharmonisan

Presiden LBAK Kaltim, H Adji Ismet Hakim, menyampaikan sambutan dalam hahal bihalal di kedaton kesultanan
Foto: Endi

Lembaga Budaya dan Adat Kutai (LBAK) Kalimantan Timur (Kaltim), meminta para pemimpin daerah di wilayah ini dapat mendorong perkembangan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat adat Kutai agar dapat berperan sebagai tuan rumah di negeri sendiri.

Hal tersebut dinyatakan oleh Presiden LBAK Kaltim, H Adji Ismet Hakim, saat menggelar Halal Bihalal di Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Sabtu (06/07) lalu. 

"Jadikan budaya dan adat yang selama ini merupakan kearifan lokal agar dapat dijadikan dasar dalam pengambilan kebijakan di bidang pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan di Kalimantan Timur," ucapnya.

Adji Ismet juga menghimbau kepada semua tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan seluruh masyarakat Kaltim yang hadir dalam acara itu, dapat menjaga suasana yang aman serta harmonis.

"Bangun forum diskusi, forum Silaturrahmi, agar Kaltim tetap terjaga menjadi wadah yang aman dan tentram," ujarnya dihadapan ratusan undangan yang hadir.

Sementara itu Sultan Kutai Kartanegara HAM Salehoeddin II dalam sambutan yang dibacakan oleh Menteri Sekretaris Keraton Kesultanan Kutai, HAPM Gondo Prawiro, berharap masyarakat Kutai selalu terus berupaya meningkatkan sumber daya manusia, sehingga dapat berperan aktif dan menjadi pelopor dalam pembangunan. 

"Kami mengajak orang Kutai dimanapun berada untuk meningkatkan persatuan dalam negara kesatuan Republik Indonesia dan ikut bersama pemerintah dan masyarakat lainnya, memberantas korupsi, narkoba, serta terorisme," tuturnya.

Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Awang Faroek Ishak yang juga hadir dalam acara tersebut, meminta LBAK dapat memainkan peranannya untuk menjaga dan mempertahankan budaya adat Kutai, serta terus berupaya meningkatkan persatuan dan kesatuan.

Awang Faroek pun mengajak segenap warga Kutai maupun semua komponen masyarakat Kaltim untuk bekerjasama meningkatkan partisipasi dalam pembangunan untuk mewujudkan cita-cita menuju masyarakat Kaltim yang maju, adil, makmur dan sejahtera.

"Marilah kita kelola segala daya dan kemampuan yang ada secara maksimal, efisien dan efektif, agar hasil-hasil pembangunan benar-benar dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat," cetusnya.

Terkait silaturrahmi yang digelar LBAK, Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari, yang diwakili Wakil Bupati, Edi Damansyah, menyampaikan apresiasi yang tinggi dan berharap pertemuan ini bisa membangun kebersamaan dan kepedulian sesama, khususnya keluarga besar Kutai di Kaltim.

"Kami berharap kondusifitas dan kebersamaan seperti ini terus dibangun, dipelihara dan dipertahankan dalam upaya memajukan Kabupaten Kutai Kartanegara dan provinsi Kalimantan Timur, sesuai dengan peran, kedudukan, fungsi dan tugas kita masing-masing," ujarnya. (end)

Halal Bihalal LBAK di kedaton kesultanan Kutai dihadiri Gubernur Kaltim dan Wakil Bupati Kukar
Foto: Endi




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top