RSUD AM Parikesit Raih Predikat Wilayah Bebas Korupsi, Menpan RB Beri Penghargaan

Menpan RB menyerahkan penghargaan WBK kepada Direktur RSUD AM Parikesit dr Martina Yulianti
Foto: Humas RSAMP/Candra

Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) memberikan penghargaan kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) AM Parikesit sebagai unit kerja menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) tahun 2016.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menpan RB, Asman Abnur, kepada Direktur RSUD AM Parikesit, dr Martila Yulianti didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar, H Marli.

Penyerahan penghargaan ini bertepatan dengan Peringatan Hari Anti Korupsi Internasional, Sabtu (10/12) kemarin, yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kota Pekanbaru Provinsi Riau.

Penghargaan diberikan kepada 19 unit kerja pelayanan yang telah berhasil lolos dalam evaluasi oleh Tim Penilai Nasional yang dilakukan terhadap 223 unit kerja pada 175 Kementrian/Lembaga, 18 Provinsi dan 30 Kabupaten/Kota. 

Penghargaan tersebut juga merupakan bentuk apresiasi pemerintah terhadap upaya dan komitmen yang kuat dari setiap instansi pemerintah untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

Dalam sambutannya, Menpan RB Asman Abdun berpesan, momentum ini harus dimanfaatkan untuk menjadi salah satu pemicu bagi seluruh instansi pemerintah dalam melakukan aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi secara konkret, sistematis dan berkelanjutan.

Dikatakannya, pemberian penghargaan atas predikat WBK/WBBM/ merupakan tindak lanjut instansi pemerintah yang telah mencanangkan zona integrasi dalam rangka mencapai tiga sasaran reformasi birokrasi, yaitu pemerintah yang bersih dan akuntabel, efektif dan efisien, serta pelayanan publik yang berkualitas. 

"Hal ini sesuai dengan tujuan reformasi birokrasi yang telah ditetapkan dalam Grand Design Reformasi Birokrasi, rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), Road Map Reformasi Birokrasi tahun 2010-2014 dan tahun 2015-2019, serta Nawacita," ujar Menpan RB

Atas penghargaan yang diberikan kepada RSUD AM Parikesit, Sekda Kukar H. Marli, menyatakan jika pemerintah kabupaten Kutai Kartanegara harus merasa bangga dan termotivasi. 

"Ini merupakan motivasi bagi Kutai Kartanegara, dan saya selaku Sekretaris Daerah harus bisa membawa SKPD lain yang ada di Kukar untuk mengikuti jejak yang telah dilakukan oleh RSUD AM Parikesit," tegasnya.

Sementara Direktur RSUD AM Parikesit, dr Martina Yulianti, mengaku, dengan diraihnya penghargaan ini pihaknya merasa sangat senang, namun masih banyak PR yang harus dilakukan oleh seluruh jajarannya.

"Terutama dalam hal monitoring dan evaluasi terhadap 6 area yang menjadi pengungkit pembangunan zona integritas dan terus berupaya memperbaiki kualitas layanan agar dirasakan secara kongkrit oleh masyarakat," cetusnya.

Yuli menyadari, hal itu tidak mudah mengingat sumber daya yang ada di RSUD AM Parikesit sangat beragam dan terkadang belum semuanya memiliki persepsi yang sama dalam hal kewajiban sebagai pelayan publik. 

"Jika kami mendapat predikat ini, bukan berarti kami sudah puas dan berhenti sampai disini, namun RSUD AM Parikesit akan terus berjuang untuk meraih WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani ) pada tahun 2017," bebernya

Ditambahkan Yuli, melalui pembangunan zona integritasi menuju WBK/WBBM yang bermuara pada perbaikan kualitas pelayanan publik, maka reformasi birokrasi akan lebih terasa manfaatnya bagi masyarakat. 

"Dengan demikian, sasaran strategis pemerintah menjadi prioritas dalam pembangunan nasional akan terwujud," ucapnya. (cnd/end)


Unit Kerja Penerima Penghargaan WBK/WBM Tahun 2016

No
Unit Kerja
Predikat
1
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara, Kuningan
WBK
2
Kantor pengawas dan pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean A, Pasuruan
WBK
3
Lembaga Pengelola Dana Pendidikan Kementrian Keuangan
WBK
4
BPK DI Yogyakarta
WBK
5
Direktorat Pengendalian Penangkapan Ikan, Direktorat Jendral Perikanan Tangkap, Kementrian Kelautan dan Perikanan
WBK
6
Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Tanjung Priok
WBK
7
Poltekkes Kementerian kesehatan Jakarta III
WBK
8
Polres Kabupaten Gresik
WBK
9
Polres  Sidoarjo
WBK
10
Polres Kabupaten Jember
WBK
11
SMK - SMTI Yogyakarta kementerian Perindustrian
WBK
12
Kantor SAR Surabaya
WBK
13
Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi
WBK
14
Balai Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi D. I Yogykarta
WBK
15
Dinas Kependudukan Catatan Sipil Balikpapan
WBK
16
Dinas Perijinan Kabupaten Bantul
WBK
17
RSUD  A.M Parikesit Kabupaten Kutai Kartanegara
WBK
18
Pusat Pendidikan dan Pelatihan BPK RI
WBK/WBBM
19
Kantor Pelayanan Perbendahaaraan Negara Amiapura
WBK/WBBM

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top