Rita Widyasari Resmikan Kampung UKM Digital

Rita Widyasari menerima secara simbolis perangkat digital dari GM Telkom Witel Samarinda, Achmad
Foto: Endi

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari, meresmikan program Kampung UKM (Usaha Kecil Menengah) Digital di kawasan UKM center Sanga-Sanga. Peresmian ini bertepatan dengan puncak peringatan perjuangan peristiwa merah putih, Jum'at (27/01) lalu.

Dalam acara tersebut, Bupati Rita Widyasari menerima secara simbolis bantuan broadband learning center dan free public wifi yang diserahkan langsung oleh General Manager (GM) Telkom Witel Samarinda, Achmad. 

Program Kampung Digital bantuan PT Telkom Witel Samarinda itu diharapkan bermanfaat bagi warga Sanga-Sanga. "Ini memberikan warna baru berupa wifi gratis dan memberikan edukasi kepada Ibu-Ibu UKM yang mau memasarkan produknya secara digital, sehingga produknya bisa dikenal secara luas," ucap Rita.

Rita pun meminta kepada OPD terkait yakni Dinas Koperasi dan UKM bisa memberikan training kepada pemilik UKM, terutama dalam pengemasan produk dan sebagainya agar lebih menarik minat pembeli.

Ditambahkannya, kedepan program serupa juga akan dikembangkan ke wilayah lainnya di Kukar. "Terima kasih kepada PT Telkom yang telah memberikan wifi gratis di Sanga-Sanga, dan ini akan berlanjut ke kecamatan lainnya," cetus Rita.

Rita yang didampingi Wakil Bupati Edi Damansyah, Sekda H Marli, Kepala Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian, H Bahteramsyah, Camat Sanga-Sanga Gunawan, FKPD Kukar, serta GM Telkom Witel Samarinda, Achmad, kemudian melakukan penandatanganan artefak.

Usai penandatangan artefak, Bupati Kukar bersama rombongan melakukan peninjauan perangkat pustaka digital serta melihat secara langsung pelaksanaan pelatihan dan simulasi toko online blanja.com. 

Untuk diketahui, program dari Kampung UKM Digital adalah pemanfaatan teknologi informasi secara komprehensif dan integratif untuk mendukung proses bisnis yang berjalan di sentra UKM atau yang terpusat disuatu lokasi tertentu dalam rangka mewujudkan jutaan UKM yang maju, mandiri, dan modern.

Diharapkan, keberadaan Kampung UKM Digital bersama dengan Pusat Komunitas Kreatif ini akan mendorong UKM untuk lebih memanfaatkan penggunaan ICT agar menghasilkan daya saing tinggi dalam era globalisasi, serta turut berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. (end)

Penandatangan artefak oleh Bupati Kukar Rita Widyasari di kawasan UKM center Sanga-Sanga
Foto: Endi

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top