Wabup Tinjau Fasilitas Clean Water di Desa Santan Tengah

Wakil Bupati Kukar Edi Damanysah saat meninjau fasilitas air bersih di desa Santan Ulu, Kecamatan Marangkayu
Foto: Dok. Ahmad Rianto


Sejak tahun 2014 desa Santan Tengah, Kecamatan Marangkayu, Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki sarana clean water atau pengolahan air bersih. Keberadaan fasilitas ini tentunya sangat dibutuhkan oleh warga masyarakat desa setempat.

Wakil Bupati Kukar, Edi Damansyah saat meninjau fasiitas tersebut pada Jum’at (24/02) kemarin, mengatakan, pemerintah kabupaten (Pemkab) Kukar akan terus mendorong Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) setempat agar fasilitas ini dikelola secara baik.

“Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara menargetkan fasilitas desa tersebut bisa melayani masyarakat secara maksimal. Dengan tersedianya fasilitas clean water ini tentunya sangat membantu kebutuhan warga setempat akan kebutuhan air bersih,” tegasnya.

Pemkab Kukar, lanjutnya, memberikan apresiasi kepada pihak swasta yang telah berpartisipasi dan membantu warga setempat dengan membangunkan gedung pengolahan air bersih melalui program Corporate System Responscibility (CSR)

“Disisi lain Pemkab Kukar juga telah memberikan fasilitas pengadaan dan pemasangan pipa distribusi sambungan ke rumah-rumah warga melalui Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang pada tahun 2016 dengan menggelontorkan dana sebesar Rp 3,4 miliar,” beber Edi.

Sementara itu keberadaan fasilitas clean water ini bagi pihak pengelola Bumdes Santan Tengah, sangat membantu warga sekitar yang membutuhkan air bersih.

“Bumdes Santan Tengah di tahun 2018 mendatang akan memenuhi sambungan distribusi air ke rumah warga dengn jumlah 700 kepala keluarga dengan jarak bentangan pipa mencapai 30 kilometer,” ujar Adrian, Ketua Bumdes Santan Tengah.

Namun demikian sambung Adrian, saat ini pendristribusian air bersih atau clean water di desa ini belum terdistribusi sepenuhnya. “Untuk sekarang ini distribusi air bersih sudah melayani sekitar 200 warga,” demikian jelasnya. (fz/end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top