Seleksi Paskibraka Diikuti 200 Pelajar Se-Kukar

Sebanyak 200 pelajar dari 18 kecamatan Se-Kutai Kartanegara mengikuti seleksi calon Paskibraka
Foto: Nashirudin/Dispora Kukar

Sebanyak 200 pelajar SMA/SMK/MAN Se-Kutai Kartanegara (Kukar) mengikuti seleksi calon Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka) tingkat kabupaten di gedung Beladiri Komplek Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Selasa (25/04) kemarin.

Kabid Kewirausahaan Pemuda dan Kepramukaan, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kukar selaku Ketua Panitia Paskibraka, H Misra Budiarto, mengatakan, seleksi ini diikuti pelajar dari 18 kecamatan.

"Peserta yang ikut seleksi merupakan pelajar kelas 2, sedangkan jumlah yang dikirimkan dari masing-masing sekolah bervariasi, namun paling banyak pesertanya berasal dari Tenggarong," ujarnya kepada media ini.

Seleksi tersebut, lanjutnya, dilaksanakan hingga Kamis (27/04) besok. "Tahapan seleksi yakni hari pertama meliputi tinggi badan, kesehatan dan wawancara, kemudian hari berikutnya adalah tes fisik," terangnya.

Sementara persyaratan tinggi badan yang ditetapkan untuk peserta yakni putra 168 cm dan putri 160 cm. "Untuk tahapan tes fisik melibatkan Kodim 0906/Tenggarong, Polres Kukar, Dinas Kesehatan dan PPI (Purna Paskibraka Indonesia) Kukar," bebernya.

Dari 200 peserta, sambung Misra, akan dipilih 43 orang yang memenuhi persyaratan sebagai calon anggota Paskibraka. "Tetapi yang tiga orang kita kirim untuk mengikuti seleksi Paskibraka di tingkat provinsi Kaltim dan nasional," ungkapnya.

"43 peserta yang telah lolos tahapan seleksi selanjutnya akan diukur sepatu, topi dan baju. Kemudian pada tanggal 20 Juli mereka sudah harus berada kembali di Tenggarong," ucapnya lagi

Selanjutnya, seluruh calon Paskibraka ini akan mengikuti Diklat (Pendidikan dan Latihan) mulai 26 Juli hingga 16 Agustus 2017 atau satu hari menjelang upacara peringatan HUT RI ke-72.

"Nanti selama 20 hari peserta tinggal di mess atlit di komplek stadion Aji Imbut dan akan mengikuti latihan seperti baris berbaris serta formasi," demikian jelas Misra. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top