Kebakaran Besar Hanguskan Belasan Rumah di Tabang

Kebakaran di Tabang hanguskan 15 rumah dan 4 rumah terpaksa dirusak untuk mencegah meluasnya api
Foto: Istimewa

Kebakaran besar melanda pemukiman penduduk di Desa Sidomulyo, RT 04, Kecamatan Tabang, Kutai Kartanegara (Kukar), Kamis (11/08) tadi malam pukul 23.15 Wita.

Dalam keterangannya, Kapolres Kukar AKBP Fadillah Zulkarnaen melalui Kapolsek Tabang AKP Yunus Tanjung Padang, mengatakan, peristiwa ini awalnya diketahui oleh salah seorang warga.

"Pada saat itu saksi atas nama Saudari Sarina (35) terbangun dari tidur dan melihat kobaran api dari dapur rumah saksi yang berasal dari sekitar kompor," ujarnya. 

Karena api sudah membakar bagian lantai dan dinding dapur, saksi kemudian membangunkan suaminya yakni Aspuri yang kemudian langsung mencoba memadamkan kobaran api tersebut.

"Namun api terlanjur membesar dan tidak bisa di padamkan, maka kedua saksi meninggalkan rumah, kemudian api menjalar ke rumah- rumah di sekitarnya," beber Yunus.

Kerumunan warga di lokasi terjadinya kebakaran di Desa Sidomulyo, kawasan RT 4, Kecamatan Tabang
Foto: Istimewa

Karena tidak adanya unit pemadam kebakaran di tingkat desa atau kecamatan, upaya pemadaman terpaksa dilakukan secara manual menggunakan mesin alkon, api baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 02.20 Wita.

"Jumlah rumah yg terbakar sebanyak 15 unit, dan 4 rumah yang terdampak akibat dirusak untuk mencegah api menjalar lebih luas," jelasnya lagi.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun warga yang rumahnya hangus terbakar harus kehilangan tempat tinggal. "Korban kebakaran sementara di tampung di BPU Desa Sidomulyo," ucap Yunus.

Sementara untuk kerugian materil diperkirakan mencapai Rp 3 miliar, petugas, kata Yunus, telah mengamankan sejumlah barang bukti dalam peristiwa tersebut.

"Petugas sudah mengamankan barang bukti berupa potongan kayu dan tabung gas yang sudah terbakar," tandasnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top