Dua Hari Tertimbun Longsor, Jasad Operator Eksavator Berhasil di Evakuasi

Upaya pencarian korban yang tertimbun longsor di area tambang PT BMSA akhirnya membuahkan hasil
Foto: Istimewa

Usaha evakuasi pencarian Zumran (41) karyawan PT RCI yang bertugas sebagai operator eksavator Komatsu Pc 400 LC dengan nomor lambung 05 akhirnya membuahkan hasil.

Tim evakuasi melakukan pencarian Zumran yang dilaporkan tertimbun longsor pada Rabu (08/11) menggunakan 4 unit alat berat jenis eksavator PC 400.

Pencarian dilakukan di Pit 37, lokasi tambang batubara PT Bina Mitra Sumber Artha (BMSA), Kelurahan Teluk Dalam, Kecamatan Muara Jawa, Kukar.

Kapolres Kukar AKBP Fadillah Zulkarnaen melalui Kapolsek Muara Jawa AKP Triyanto mengatakan, Jumat (10/11) pukul 00.00 Wita evakuasi pencarian korban sempat dihentikan dan dilanjutkan satu jam kemudian.

"Pukul 04.40 Wita tim evakuasi yang melakukan penyisiran sekitar 10 meter dari tempat asal eksavator korban tertimbun longsor dan akhirnya berhasil menemukan korban bernama Zumran," terangnya. 

Namun korban yang merupakan warga Jalan Kawasan RT 09, Kelurahan Jawa, Kecamatan Sanga-Sanga itu dalam keadaan sudah meninggal dunia dengan kondisi diselimuti tanah lumpur.

"Setelah itu tim evakuasi bersama keluarga korban langsung membersihkan tubuh korban dengan menggunakan aair nyg sudah disediakan," kata Triyanto.

Selanjutnya pukul. 05.30 Wita, korban langsung dibawa menggunakan ambulance untuk dilakukan pemeriksaan di RSUD Abdul Moeis Samarinda.

Diwartakan sebelumnya, Zumran tengah melakukan loading tanah kupasan OB di PIT 37 dan mengisi unit HD beml BH50M yang dioperasikan oleh rekannya Herman, saat itulah tanggul jalan yang jaraknya sekitar 30 meter dari korban tiba-tiba longsor.

Tanah longsoran yang bercampur lumpur dan air tersebut larut menimbun dirinya dan unit yang dioperasikannya dengan ketinggian 4 meter.

‎Sementara unit HD beml BH50M yang dioperasikan oleh Herman dan unit eksavator Komatsu PC 400 LC dengan nomor lambung 15 yang dioperasikan Rismal juga ikut tertimbun setinggi 2 meter.

Namun kedua rekan korban sempat keluar dari unit masing-masing dan berhasil menyelamatkan diri. Sedangkan Zumran mengalami nasib naas dan terkubur bersama eksavator yang dioperasikannya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top