Arus Lalu Lintas Kembali Normal Pasca Longsor di Loa Kulu

Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar (boot kuning) turut membersihkan longsoran tanah di Loa Kulu
Foto: Humas Polres Kukar

Kapolres Turun Langsung Bersihkan Longsoran Tanah

Hujan deras yang mengguyur kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) hingga Kamis (22/03) pagi, membuat sebagian wilayah ini terendam banjir, bahkan di beberapa titik terjadi tanah longsor.

Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar saat memantau lokasi longsor di kecamatan Loa Kulu mengatakan, penanganan dilakukan di dua titik lebih dari 6 jam.

"Adapun dua titik tersebut bertempat di RT 4, Pal 10, Desa Sepakat, dimana longsoran tanah menimbun setengah badan jalan," ujarnya.

Sedangkan titik kedua, lanjutnya, longsoran tanah juga menimbun setengah badan jalan di kawasan RT15, Desa Jembayan.

"Akibat dari longsoran tersebut mengakibatkan arus lalu lintas dari Samarinda-Tenggarong dan sebaliknya mengalami kemacetan," terang Kapolres.

Penanganan longsor yang menutupi badan jalan di Loa Kulu berlangsung lebih dari enam jam
Foto: Humas Polres Kukar

Bencana longsor di RT 4 desa Sepakat penanganannya dilakukan mulai pukul 08.00 - 13.00 Wita dengan menggunakan alat berat berupa 1 unit Excavator mini milik warga bernama H Sarni dan 1 unit Eksavator milik dinas PU Kukar.

"Sehingga arus lalu lintas kamtibcarlantas di lokasi longsor RT 15 normal kembali dan bisa dilalui oleh kendaraan baik roda dua maupun roda empat," tuturnya.

Sementara penanganan longsor di RT 15 Desa Jembayan dilakukan mulai pukul 08.00 - 16.30 Wita menggunakan 1 unit excavator mini dan 1 unit Loader milik PT MPP, 1 Unit mobil AWC Polres Kukar dan 1 Unit Damkar Kecamatan Loa Kulu.

"Sama seperti di Desa Sepakat, arus lalu lintas kamtibcarlantas di lokasi longsor RT 15 juga kembali normal sehingga bisa dilalui oleh kendaraan roda dua dan roda empat," kata Kapolres lagi.

Untuk diketahui, penanganan longsor yang dipimpin langsung oleh Kapolres Kukar tersebut menurunkan 40 orang personel beserta pejabat dari jajaran Polres Kukar dan 20 personel Polsek Loa Kulu. 

Polres Kukar juga bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kukar yang menurunkan 20 orang personel, ditambah 20 orang anggota Tramtib Kecamatan Loa Kulu, 10 relawan Balakarcana, serta masyarakat sekitar perusahaan PT MPP. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top