Plt Bupati Edi Damansyah Pantau Pelaksanaan UNBK SMK

Plt Bupati Kukar Edi Damansyah memantau pelaksanaan UNBK di SMK Negeri 3 Tenggarong Seberang
Foto: Endi

Plt Bupati Kukar Edi Damansyah, memantau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Muhammadiyah Loa Kulu, SMK Farmasi Tenggarong dan SMK Negeri 3 Tenggarong Seberang, Senin (02/04).

Dalam peninjauan tersebut, Plt Bupati didampingi Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Chairil Anwar, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Hifsi G Fachrannas, serta Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Bahteramsyah.

"Alhamdulillah kita tinjau ujian nasional hari pertama satuan pendidikan SMK di Kutai Kartanegara berjalan lancar. Infrastruktur, sarana, prasarana tadi sudah kita cek dari Loa Kulu, Tenggarong, Tenggarong Seberang semuanya berjalan lancar," ujar Edi.

Ia pun menyampaikan apresiasi kepada pihak sekolah penyelenggara UNBK. "Saya sampaikan terima kasih dan penghargaan, semoga tidak ada gangguan sampai selesai," harapnya.

Dalam kesempatan itu, Edi meminta kepada PT PLN di wilayah ini untuk turut memantau dan memastikan selama pelaksanaan UNBK tidak ada pemadaman listrik.

"Walaupun di sekolah memang kita antisipasi dengan genset, tapi mohon perhatian PLN secara khusus yang berkaitan dengan listrik agar ujian ini jangan sampai terganggu," pintanya.

Selaku Plt Bupati, Edi berharap agar ujian nasional di Kukar dapat berlangsung lancar. "Dan anak-anak kita lulus seratus persen," ucapnya.

Diungkapkannya, tidak seluruh sekolah melaksanakan UNBK, hal ini terkait ketersediaan fasilitas jaringan dan sarana prasarana seperti komputer. Namun ditargetkan ujian dengan metode ini bisa dilaksanakan secara bertahap.

"Memang kita berharap di Kutai Kartanegara ini nanti di 18 kecamatan semuanya UNBK,"  cetusnya.

Sementara itu Kepala Disdikbud Hifsi G Fachrannas menyebutkan, di Tenggarong UNBK dilaksanakan oleh SMK Negeri 1, SMK Negeri 2, SMK Negeri 3, SMK Farmasi, SMK Ketopong dan SMK Darul Fallah.

"Lalu SMK Muhammadiyah Loa Kulu. Sedangkan di Loa Janan yakni SMK Muhammadiyah, SMK Bakti, SMK Purwajaya dan SMK Aji Baiduri," rincinya.

Kemudian SMK Muhammadiyah Sanga-Sanga, SMK Nasional dan SMK PBL Muara Jawa, SMK Negeri 1 Marangkayu, serta di kecamatan Samboja yaitu SMK Pesisir dan SMK Duta Bangsa. 


"Terakhir SMK Negeri 1 Sebulu dan SMK Jaya Kencana Kota Bangun. Total ada 19 SMK di Kukar yang melaksanakan UNBK," kata Hifsi. 

Ditambahkannya, UNBK tingkat SMK berlangsung selama empat hari mulai tanggal 02-05 April 2018 dengan mata pelajaran yang diujikan yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Kejuruan.

"Jumlah keseluruhan siswa SMK yang mengikuti UNBK di Kukar ada 2.197 peserta. Sedangkan Ujian Nasional Kertas dan Pensil atau UNKP diikuti 438 peserta," demikian jelas Hifsi. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top