Tingkatkan Layanan Kesehatan, Bupati Resmikan Puskesmas Handil Baru

Peresmian gedung baru Puskesmas Handil Baru, kecamatan Samboja oleh Bupati Kukar
Foto: Istimewa

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah, meresmikan gedung baru Puskesmas Handil Baru di kecamatan Samboja, Sabtu (23/03/2019) kemarin.

Peresmian gedung baru Puskesmas ini merupakan yang kedua di tahun 2019, setelah sebelumnya gedung baru Puskesmas Muara Kaman diresmikan pada 8 Maret lalu. 

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, gedung baru tersebut adalah bentuk upaya nyata Pemkab Kukar dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan kepada masyarakat. 

"Saya sangat berharap agar gedung baru yang cukup megah ini dapat menjadi motivasi dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, lebih meningkatkan kualitas layanannya sehingga status kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya lebih meningkat," ujarnya.

Puskesmas Handil Baru diharapkan senantiasa mampu melahirkan kegiatan inovasi dalam upaya menyelesaikan masalah kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya.

"Sarat dengan kegiatan promotif dan preventif sebagai upaya kesehatan masyarakat agar masyarakat dapat hidup sehat," kata Edi.

Dirinya berharap, tidak ada lagi kasus gizi buruk yang meninggal, seperti tahun 2017 dan 2018 lalu, terdapat masing-masing satu kasus kematian balita akibat gizi buruk dengan penyakit penyerta seperti kelainan jantung di wilayah kerja Puskesmas Handil Baru.

"Kepada masyarakat, saya himbau untuk ikut berperan aktif dalam memantau pertumbuhan dan perkembangan kesehatan balitanya dengan membawa ke Posyandu setiap bulan atau segera bawa ke Puskesmas bila terjadi gangguan kesehatan balitanya," pintanya.

Dikatakan Edi, tanpa peran aktif dari masyarakat, maka masalah kesehatan masyarakat khususnya gizi buruk dan stunting (kondisi di mana tinggi badan seseorang jauh lebih pendek dibandingkan tinggi badan orang seusianya) di wilayah ini tidak akan bisa teratasi. 

"Oleh karena itu, perhatian, kepedulian, dan kesadaran orang tua terkait dengan upaya pencegahan dan penanganan masalah gizi buruk serta stunting sangatlah menentukan," tandasnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top