Hilal Dibawah Ufuk, Awal Puasa Ramadhan Jatuh Pada Kamis 17 Mei 2018

Kakan Kemenag Kukar H Fahmi saat menggelar pertemuan jelang penetapan 1 Ramadhan 1439 H
Foto: Endi

Pemerintah melalui Kementerian Agama RI dalam sidang Isbat yang digelar Selasa (15/05) petang di Jakarta, menyatakan, awal puasa 1 Ramadhan 1439 H, jatuh pada Kamis, 17 Mei 2018 besok. 

Penetapan ini berdasarkan laporan hasil pengamatan di 95 titik yang tersebar di seluruh tanah air, dimana hilal tidak terlihat hingga Maghrib. 

"Posisi hilal di Indonesia masih dibawah ufuk, yaitu berkisar antara minus 1 derajat 36 menit sampai dengan 0 derajat 2 menit," ujar Menteri Agama Lukman Hakim seperti dikutip dalam siaran persnya.

Dengan telah ditetapkannya awal Ramadhan, Menteri Agama berharap kualitas puasa umat muslim di negeri ini semakin meningkat.

"Tidah hanya ibadah mahdhah, tetapi juga ibadah sosial, sehingga keberadaan kita lebih memberikan manfaat, lebih memberikan kemaslahatan bagi lingkungan masing-masing," ucapnya

Sementara Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kutai Kartanegara (Kukar), sore kemarin, juga menggelar pertemuan bersama tokoh dan pimpinan ormas Islam di daerah ini. 

“Kita kan mengikuti pengumuman Menteri Agama, tetapi karena posisi hilal masih dibawah ufuk, malah minus tadi, maka bulan Sya’ban akan digenapkan 30 hari,” terang Kepala Kantor Kemenag Kukar, H Fahmi. 

Kepada wartawan Fahmi mengungkapkan, jika penentuan awal Ramadhan di Indonesia menggunakan dua cara yakni metode Hisab dan Rukyatul Hilal. 

“Wujudul Hilal itu artinya kalau bukan dibawah ufuk maka besoknya puasa. Sedangkan pemerintah kita memakai keduanya, di hisab, juga melihat bulan dengan menggunakan mata telanjang ataupun alat,” sebutnya. 

Dalam pertemuan itu, hadir Ketua MUI Kukar H Aminuddin Edy, Kepala Badan Pengelola Masjid Agung Sultan Sulaiman H Djuremie, Perwakilan BAZ Kukar, PC NU Roisul Anam, serta Pengurus Ponpes Karya Pembangunan (PPKP) Ribathul Khail, KH Abdul Ghoni. 

Sebelumnya, salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia yakni Muhammadiyah telah lebih dulu menetapkan tanggal 17 Mei 2018 sebagai awal Ramadhan 1439 H. (end) 

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top