Peringatan Hari Jadi Ke-68, Satpol PP Diminta Kawal Pilkada

Plt Bupati Edi Damansyah memimpin upacara peringatan hari jadi Satpol PP ke-68 dan Satlimas ke-56
Foto: Endi

Peringatan hari jadi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) tahun 2018 menjadi sangat istimewa karena bertepatan dengan tahapan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di 171 daerah.

Hal itu disampaikan Plt Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah saat membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, pada peringatan HUT Satpol PP ke-68 dan Satlinmas ke-56 dihalaman kantor Bupati Kukar, Senin (30/04) pagi.

"Tidak berlebihan kiranya pada kesempatan yang sangat baik ini digelar acara Apel Siaga dalam rangka mengawal pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018," ujarnya dihadapan peserta upacara.

Dikatakan Edi, sesuai amanat Mendagri, momen tahapan Pilkada serentak menjadi sangat penting terutama bagi jajaran Satpol PP dan Satlinmas di daerah, karena biasanya potensi gangguan terhadap penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman serta perlindungan masyarakat menjadi sangat tajam.

"Untuk menyikapi situasi dan kondisi yang akan terjadi tersebut, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, aparat Satpol PP dan Linmas di daerah harus dapat menyiapkan diri sejak dini," pintanya.

Kepala Satpol PP Kukar Fida Hurasani menerima potongan tumpeng dari Plt Bupati Edi Damansyah
Foto: Endi

Sementara itu Kepala Satpol PP Kukar Fida Hurasani, memastikan kesiapan personilnya dalam mengawal pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) 2018.

"Kami siap mengawal Pilkada serentak salah satunya di Kalimantan Timur. Pada prinsifnya Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan masyarakat siap apa pun yang terjadi," tegasnya.

Fida kembali menegaskan, meski keuangan pemkab Kukar saat ini sedang mengalami defisit, namun tugas mengawal Pilkada akan dilaksanakan walaupun tanpa ada anggaran."Jangan karena anggaran kita tidak bisa berbuat," tandasnya.

Usai upacara, juga dilangsungkan kegiatan coffee morning di teras kantor Bupati Kukar yang diisi dengan diskusi dan tanya jawab bersama Plt Bupati Edi Damansyah didampingi Sekda H Marli dan Kepala Satpol PP Fida Hurasani.

Dalam diskusi yang disiarkan secara langsung oleh Radio Pemerintah Kabupaten (RPK) ini, turut hadir Dandim 0906/Tenggarong Letkol Czi Bayu Kurniawan, Kabag Sumda Polres Kukar Kompol Kemis, pewakilan KPU, pimpinan OPD dan sejumlah Camat. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top