Pantau TPS 01 Bukit Raya, Gubernur Apresiasi Pelaksanaan Pilgub Kaltim di Kukar

Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak bersama petugas KPPS TPS 01 Desa Bukit Raya
Foto: Endi

Pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) 2018 di kabupaten Kutai Kartanegara, Rabu (27/06), berjalan aman dan lancar.

Penyelenggaraan pesta demokrasi di kabupaten ini ditinjau langsung oleh Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, Ketua DPRD Kaltim HM Syahrun, perwakilan Kemendagri, Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto dan Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto.

Saat meninjau TPS 01, Desa Bukit Raya, Kecamatan Tenggarong Seberang, Awang Faroek mengapresiasi pemerintah kabupaten Kukar beserta unsur Forkopimda yang telah bersama-sama mengawal pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018.

"Terima kasih Pak Plt Bupati, Kapolres, Dandim dan Kajari. Kerjasama yang baik telah ditunjukkan menjaga situasi keamanan dan kamtibmas di Kutai Kartanegara," ujarnya.

Usai menerima laporan dari Camat Tenggarong Seberang dan Ketua KPPS TPS 01, Gubernur berharap, pemilih di Kukar tahun ini meningkat dan mencapai target lebih dari 70 persen. "Yang menggunakan hak suara sudah lebih dari 57 persen," ucapnya.

Sementara itu Menteri Dalam Negeri yang diwakili Deputi Bidang Pengelolaan Kawasan Perbatasan, BNPP, Boytenjuri, turut menyampaikan apresiasinya dalam pelaksanaan Pilkada di provinsi Kaltim.

"Kami mengucapkan terima kasih atas prestasi kerja keras dari Plt Bupati beserta jajaran Forkompida Kutai Kartanegara yang mendukung pelaksanaannya beserta teman-teman TNI - Polri untuk menjaga ketertiban keamanan, sehingga semua berjalan dengan kondusif," cetusnya.

Awang Faroek Ishak didampingi Plt Bupati Kukar, perwakilan Kemendagri dan Ketua DPRD Kaltim
Foto: Endi
Dalam kesempatan ini, Plt Bupati Kukar Edi Damansyah menyampaikan data jumlah pemilih yang telah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kukar.

"Dapat kami sampaikan bahwa dari Daftar Pemilih Tetap 467.760 pemilih yang tersebar di 18 kecamatan, 44 Kelurahan, 193 Desa di wilayah Kutai Kartanegara, semua berjalan dengan baik dengan jumlah TPS 1.562," rincinya.

Berkaitan dengan partisipasi pemilih, Edi menargetkan diatas prosentase secara nasional yakni 77,5 persen dan berharap partisipasi masyarakat Kukar mendekati 80 persen.

"Kami pemerintah kabupaten melakukan koordinasi semua unsur melalui tokoh-tokoh agama, Lurah, RT, RW. Bahkan kami meminta kepada rumah - rumah ibadah untuk menyampaikan himbauan kepada seluruh warga masyarakat yang sudah terdaftar sebagai pemilih maupun yang belum terdaftar di DPT untuk datang ke TPS menggunakan hak pilihnya," jelasnya. 

Turut mendampingi Plt Bupati, Sekretaris Daerah (Sekda) H Marli, Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar, Dandim 0906/Tenggarong Letkol Czi Bayu Kurniawan, Kepala Kejari Kukar Kasmin sejumlah Kepala OPD, serta Muspika Tenggarong Seberang. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top