Resepsi EIFAF, 6 Negara Partisipan Bertemu Putera Mahkota Kesultanan Kutai

Putera Mahkota Kesultanan Kutai saat memberikan cinderamata kepada salah satu partispan EIFAF
Foto: Reza

Delegasi kesenian dari 6 negara berkesempatan bertemu dan bertatap muka langsung dengan Putera Mahkota Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Haji Adji Pangeran (HAP) Adipati Praboe Anoem Soerya Adiningrat, Selasa (24/07) pagi.

Pertemuan tersebut merupakan resepsi partisipan Erau Adat Kutai 2018 dan International Folk Art Festival (EIFAF) ke-VI bersama Putera Mahkota beserta kerabatnya di ruang utama Kedaton Kesultanan Kutai.

Resepsi yang berlangsung dalam suasana hangat itu dihadiri Wakil Presiden CIOFF Hongaria dan representatif CIOFF Indonesia, Kepala Dinas Pariwisata Kukar Sri Wahyuni, serta pimpinan delegasi partisipan dari negara Hongaria, India, Meksiko, Polandia, Rumania dan Turki.

Dalam resepsi ini, Kesultanan Kutai menyuguhkan tari Topeng Kemindu yang kemudian dilanjutkan dengan acara pemberian cinderamata oleh perwakilan masing-masing delegasi kepada Putera Mahkota HAP Adipati Praboe Anoem Soerya Adiningrat serta diakhiri dengan sesi foto bersama.

Salah satu negara partisipan EIFAF tampil dengan tarian khas diruang utama kedaton Kutai
Foto: Reza

Menteri Pelestarian Nilai-nilai Budaya Adat, Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, H Adji Pangeran Haryo Kusumo (APHK) Poeger mengatakan, Sultan HAM Salehoeddin II saat ini masih dalam kondisi sakit, sehingga memberikan titah kepada Putera Mahkota untuk menerima delegasi kesenian dari 6 negara itu.

"Yang Mulia Sultan telah memberikan titah kepada Putera Mahkota Haji Adji Pangeran Adipati Praboe Anoem Soerya Adiningrat sebagai pemegang mandat selama Erau," ujar APHK Poeger.

Dalam kesempatan itu juga, masing-masing delegasi mempersembahkan tari dan kesenian khas negaranya dihadapan Putera Mahkota beserta para kerabat.

"Sultan dan Putera Mahkota beserta seluruh kerabat mengucapkan terima kasih kepada seluruh delegasi yang telah berpartisipasi memeriahkan Erau," kata APHK Poeger.

Selain di Kedaton Kesultanan Kutai, resepsi dilanjutkan di pendopo Bupati Odah Etam. Sehari sebelumnya, Senin (23/07), partisipan EIFAF juga menghadiri resepsi bersama President CIOFF dan EIFAF Festival Director di Aula Lantai 3 Gedung B Komplek perkantoran Bupati Kukar. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top