Musim Haji 2018: Besok, Calhaj Kukar Gelombang Pertama Diberangkatkan

Calon haji Kukar pada musim haji tahun 2017 lalu saat berkumpul di Masjid Agung Sultan Sulaiman
Foto: Dok. Kutaikartanegaranews.com

Calon haji (Calhaj) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang tergabung dalam gelombang pertama kelompok terbang (kloter) 2 embarkasi Balikpapan, akan diberangkatkan pada Jumat (27/07) besok.

Kasi Penyelenggaraan Umroh dan Haji, Kemenag Kukar, H Saifullah, menjelaskan, calhaj Kukar yang akan diberangkatkan dalam gelombang pertama berjumlah 450 orang. "Ditambah 5 orang petugas yakni TPHI, TPIHI dan TKHI," ujarnya.

Dikatakan Saifullah, rombongan calhaj Kukar akan diberangkatkan dari masjid Agung Sultan Sulaiman, Tenggarong, pada pukul 08.00 Wita. 

"Menurut jadwal, rombongan akan masuk asrama haji pukul 15.00 Wita. Mengingat bertepatan hari Jumat, maka jamaah calon haji berangkat lebih awal dan sholat Jumat di asrama haji Batakan Balikpapan," ucapnya.

Untuk keberangkatan rombongan, lanjutnya, Pemkab Kukar telah mempersiapkan11 bus dan 4 truk untuk jamaah calon haji kloter 2 ke asrama haji Batakan.

"Khusus bagi jamaah calon haji yang berada di kecamatan Sanga-Sanga, Muara Jawa dan Samboja, akan di fasilitasi dengan 2 buah bus dan 1 truk yang berangkat dari Samboja," terang Saifullah.

Sedangkan untuk pengumpulan koper jamaah calon haji kloter 2, sambungnya, dibatasi hingga pukul 17.00 Wita sore tadi. "Karena koper akan diantar ke Asrama Haji Batakan Balikpapan malam ini," sebutnya.

Seluruh Calhaj, kata Saifullah, dilarang membawa gunting, pisau, bahan cairan dan sesuatu yang berbau menyengat. 

"Ini sesuai dengan apa yang telah disampaikan oleh kepala UPT Asrama Haji Batakan Balikpapan H Juriansyah sewaktu memberikan materi manasik haji massal," bebernya.

Saifullah mengharapkan, seluruh jamaah calon haji Kukar agar selalu menjaga kesehatan serta pola makan yang baik dan mempersiapkan mental.

"Agar nantinya dapat melaksanakan rangkaian ibadah haji ditanah suci dan kembalinya medapatkan predikat haji yang mabrur dan mabrurah," tandasnya.(din/end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top