Peletakan Batu Pertama Tandai Pembangunan Lapas Perempuan di Eks RSUD AM Parikesit

Asisten Umum Setkab Kukar turut meletakkan baru pertama pembangunan Lapas Perempuan Kelas II A
Foto: Istimewa

Pembangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas II A Samarinda di area eks Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) AM Parikesit, Jalan Imam Bonjol Tenggarong, ditandai dengan peletakan batu pertama, Jumat (03/08) siang.

Peletakan batu pertama dilakukan oleh Kadiv Administrasi Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Haris Sukamto, Kepala Lapas (Kalapas) Perempuan Kelas II A Samarinda Teguh Pamuji dan Asisten Umum Setkab Kutai Kartanegara (Kukar) H Suriansyah HM.

Kalapas Perempuan Kelas II A Samarinda, Teguh Pamuji, mengatakan, Lapas yang dipimpinnya telah berdiri sejak tahun 2017 dan sudah 2 kali mengalami pergantian Kepala Lapas, dimana saat ini ada 188 orang Napi perempuan berada di Lapas Narkotika Samarinda.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Kukar atas hibah lokasi dengan luas kurang lebih sekitar 3.888 meter persegi," ujarnya saat menyampaikan sambutan.

Dikatakan Teguh, apabila Lapas Perempuan ini telah berdiri, penghuni Lapas Perempuan yang berada di Samarinda akan dipindahkan ke Tenggarong.

"800 penghuni siap pindah kesini dengan jumlah pegawai Lapas 57 orang siap mengcover tugas di Lapas Perempuan," bebernya.

Sementara itu, Kadiv Administrasi Kanwil Kemenkumham Kaltim Haris Sukamto atas nama Kakanwil mengucapkan terima kasih dan bangga kepada Bupati Kukar yang tulus ikhlas memberikan fasilitas.

"Walaupun Lapas di Kaltim over kapasitas, namun sampai dengan saat ini masih dalam keadaan aman," ucapnya.

Ditempat yang sama, Asisten Umum Setkab Kukar H Suriansyah HM, berharap, Lapas yang terbangun nantinya dapat berfungsi dengan baik. "Bukan hanya fisiknya saja namun juga pembinaan terhadap Napi perempuan juga harus diperhatikan," pintanya.

Peletakan batu pertama ini juga dihadiri Camat Tenggarong Janhariansyah, Kapolsek Tenggarong IPTU Triyadi, Perwakilan Kodim 0906/Tenggarong Letda Ramli, Pegawai Lapas Perempuan Kelas II A Samarinda serta tamu dan undangan. (*)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top