Kebakaran Jalan Gunung Ulu Kedang Pahu Jadi Perhatian Plt Bupati

Plt Bupati Edi Damansyah saat meninjau lokasi terjadinya kebakaran di Jalan Gunung Ulu Kedang Pahu
Foto: Endi

Kebakaran yang melanda pemukiman warga di Jalan Gunung Ulu Kedang Pahu Kelurahan Loa Ipuh, Kecamatan Tenggarong, pada Rabu (12/09) mengakibatkan 11 rumah terbakar serta menimbulkan kerugian materil yang tak sedikit.

Musibah ini pun menjadi perhatian Plt Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah. Sehari pasca kejadian, Kamis (13/09) kemarin, ia mendatangi lokasi kejadian dan menyampaikan rasa simpatinya. 

Didampingi Kepala BPBD Kukar Marsidik, Kepala Dinas Sosial Didi Ramyadi, Camat Tenggarong Janhariansyah, Dandim 0906/Tenggarong Letkol Czi Bayu Kurniawan dan Lurah Loa Ipuh Sri Raudatul Adawiyah, Edi mendoakan korban kebakaran agar diberi kekuatan serta ketabahan. 

“Kami paham bahwa ini tidak gampang secara phsikologis, tetapi kita terus bersama. Apapun yang terjadi, ini adalah bagian dari takdir yang sudah diatur Yang Maha Kuasa. Dibalik semua kejadian ini ada hikmahnya yang harus kita petik,” tuturnya. 

Pada kesempatan itu, Edi menghimbau kepada warga masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan lingkungan khususnya di tingkat RT, mengingat fenomena cuaca saat ini telah memasuki musim kemarau. 

Plt Bupati Edi Damansyah menyerahkan bantuan secara simbolis kepada warga korban kebakaran
Foto: Endi

“Paling tidak memastikan sebelum bepergian kompor sudah dimatikan, cek peralatan listrik, kalau sedang memasak diupayakan hati-hati. Kita berdoa semoga musibah seperti ini tidak terulang lagi,” ujarnya. 

Dalam kesempatan itu Plt Bupati Edi Damansyah menyerahkan bantuan secara simbolis dari BPBD Kukar dan Dinas Sosial yang diterima perwakilan warga korban kebakaran. 

Bantuan yang diberikan yakni kompor gas 2 mata, tabung gas 3 kg, regulator dan selang, terpal, tikar, panci dandang, wajan, piring, mangkok, gelas, box kontainer, serta kebutuhan dasar seperti beras, mie instant serta pakaian layak pakai. 

Terkait bantuan sosial tempat hunian warga yang terkena musibah kebakaran, Kepala BPBD Kukar Marsidik, mengatakan, akan dilakukan pendataan dan pengukuran terlebih dahulu untuk selanjutnya dilakukan verifikasi. 

“Nanti kita upayakan diajukan untuk mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah daerah, dan juga diharapkan partisipasi dan kontribusi semua warga masyarakat dalam rangka membantu meringankan beban korban kebakaran,” ucapnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top