Masalah Jaringan Jadi Kendala UNBK Belum Terlaksana di Seluruh Kukar

Bupati Kukar Edi Damansyah saat memantau pelaksanaan UNBK di SMK Negeri 2 Tenggarong
Foto: Endi

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tahun-tahun mendatang diharapkan bisa terlaksana di seluruh sekolah yang ada di wilayah kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Terkait hal itu, pemkab Kukar melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), telah melakukan pemetaan di beberapa sekolah.

"Khususnya di zona ulu yang masih bermasalah dengan jaringan," ujar Bupati Kukar Edi Damansyah saat memantau UNBK SMK di Tenggarong, Senin (25/03/2019) lalu.

Diungkapkannya pula, salah satu perusahaan tambang yang ada di zona ulu, tahun ini akan mempersiapkan pembangunan jaringan bekerjasama dengan operator telekomunikasi seluler.

"Mudah-mudahan ini menjadi salah satu solusi yang bisa kita integrasikan untuk memberikan dukungan, sehingga harapan kita kedepan di seluruh wilayah Kukar bisa melaksanakan UNBK," cetusnya.

Beberapa perusahaan, sambungnya, telah melakukan koordinasi terkait rencana kebutuhan jaringan sarana dan prasarana telekomunikasi.

"Kita juga memberikan support karena memang memerlukan itu. Jadi sinergis sekali dengan yang dirancang teman-teman perusahaan dengan kondisi khususnya di beberapa kecamatan dan desa di area sekitar," bebernya.

Dikatakan Edi lagi, selama ini masalah sinyal merupakan kendala utama, sehingga UNBK di zona hulu belum terlaksana.

"Sebetulnya kondisi yang blank spot itu hampir tidak ada lagi, cuma sinyal yang ada di beberapa titik perlu penguatan, ini sedang jalan dan berproses." jelasnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top