Pantauan Satgas Pangan, Harga Bawang Putih di Pasar Mangkurawang Mulai Turun

Tim Satgas Pangan bersama Disperindag mengecek harga kebutuhan pokok di pasar Mangkurawang
Foto: Endi

Tim Satgas Pangan Polres Kukar mengecek sejumlah harga kebutuhan pokok di pasar Mangkurawang, Rabu (15/05/2019).

Dipimpin KBO Reskrim Polres Kukar IPTU Sudarwanto, Tim Satgas Pangan bersama Disperindag Kukar, mengecek langsung turunnya harga bawang yang sempat meroket beberapa waktu lalu.

"Kemarin sempat diatas Rp 50 ribu bahkan diatas Rp 100 ribu. Sekarang bawang putih Rp 45 ribu, artinya sudah jauh mengalami penurunan," terang Kepala Disperindag Kukar H Surip.

Sementara untuk bawang merah harganya turun bervariasi sesuai kualitas yakni Rp 32 ribu - Rp 40 Ribu. 

"Sedangkan daging ayam kemarin tercatat Rp 42 ribu per kilo, sekarang menjadi Rp 40 ribu. Telur juga masih stabil dari harga Rp 45 ribu - Rp 49 ribu. Mudah-mudahan ini terus bertahan," kata Surip.

Turunnya harga kebutuhan pokok itu menunjukkan tidak ada lagi gejolak harga yang signifikan. Menurut Surip, hal ini dipengaruhi sejumlah faktor.

"Tentunya suplai yang cukup, kemudian regulasi nasional ada impor untuk menekan harga di pasaran dan ini sudah berhasil, dimana dibuktikan di level pengecer harganya stabil dan hampir sama," katanya.

Surip pun memastikan pantauan harga kebutuhan pokok selama Ramadhan hingga jelang lebaran akan lebih intensif dilakukan.

"Nanti akan ada petugas kami yang mencatat, ketika harga tinggi kami akan cepat melaporkan ke tingkat provinsi agar diteruskan ke pusat untuk mengambil langkah-langkah," ucapnya.

KBO Reskrim Polres Kukar IPTU Sudarwanto menambahkan, pengecekan dilakukan untuk mencegah terjadinya penimbunan bahan - bahan pokok. "Terutama menjelang Idul Fitri," tandasnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top