Pleno Rekapitulasi Hasil Pemilu Berakhir, Kukar Tetap Kondusif

Rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu oleh KPU Kukat berakhir
Foto: Istimewa

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kutai Kartanegara (Kukar) telah menyelesaikan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara Pemilu, Selasa (07/05/2019).

Meski tahapan pleno yang dimulai pada Sabtu (04/05/2019) lalu, di Ballroom Hotel Grand Fatma Tenggarong itu sempat diwarnai interupsi, namun kondusifitas tetap terjaga.

Penyelenggaraan tahapan pemilu di daerah ini pun tergolong sukses, aman dan damai. Dalam agendanya, KPU Kukar menyelenggarakan rapat pleno secara terbuka, transparan, jujur, adil serta demokratis.

Dari hasil rekapitulasi oleh KPU Kukar, pasangan calon (paslon) nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin memperoleh 215.055 suara atau 55,47 persen. Sedangkan paslon nomor urut 2 Prabowo-Sandiaga Uno sebanyak 172.609 suara atau 44,53 persen.

Saksi paslon nomor urut 01 Jokowi - Ma'ruf Amin, Tri Sasongko, mengapresiasi kinerja seluruh elemen penyelenggara Pemilu khususnya Kukar. 

"Proses Pleno berjalan dengan transparan dan dilakukan secara demokratis. Saya berharap juga hal ini bertahan sampai pleno tingkat provinsi nantinya agar apa yang telah kita laksanakan selama ini tidak sia-sia," ujarnya.

Sedangkan saksi paslon nomor urut 02 Prabowo - Sandiaga Uno, Kostaman, menyampaikan ucapan terima kasih kepada penyelenggara Pemilu baik KPU maupun Bawaslu, serta pihak keamanan yang telah mengawal setiap proses tahapan Pemilu.

"Rekapitulasi pleno tingkat kabupaten kota berjalan dengan semestinya yakni transparan, adil, lancar dan demokratis. Sempat ada beberapa kendala, namun proses pemilu dapat diselesaikan dengan baik sesuai dengan mekanisme yang berlaku," katanya.

Kostaman pun menghimbau kepada seluruh pihak dan masyarakat untuk sabar menunggu hasil keputusan dari KPU pada 22 Mei mendatang.

Dibandikan dengan wilayah lain, Kukar tergolong kondusif, hal ini tentunya berkat sikap kedewasaan masyarakat yang tinggi dan pengamanan pemilu oleh aparat penegak hukum, baik TNI-Polri, Satpol PP hingga Linmas berjalan sangat baik. (***)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top