Linda Agum Gumelar Resmikan Klinik Baca di Tenggarong

Linda Agum Gumelar (kanan) didampingi Dandim, Kadis Kearsipan dan Perspustakaan, serta Bupati Kukar
(Foto: Endi)

Dandim Harapkan Klinik Baca Ubah Paradigma Masyarakat

Pendiri sekaligus Ketua Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) Linda Amalia Sari atau yang akrab disapa Linda Agum Gumelar, meresmikan klinik baca di kawasan Taman Ulin Tenggarong, Sabtu (19/10) pagi.

Klinik baca ini berisi ratusan buku yang salah satunya di support Pemkab Kukar melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan. Klinik baca tersebut merupakan inisiasi Kodim 0906/Tenggarong bekerjasama dengan Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia (PERABOI).

Linda Agum Gumelar yang pernah menjabat sebagai Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Anak di era Kabinet Indonesia Bersatu II mengatakan, klinik baca merupakan salah satu sarana peningkatan kualitas sumber daya manusia.

"Ini diperuntukkan untuk anak-anak dan orang dewasa seperti ibu-ibu, disini ada materi tentang pemberdayaan perempuan, dan juga untuk masyarakat luas tentang kesehatan," ujar istri Jendral TNI (Purn) Agum Gumelar ini.

Ia berharap, adanya klinik baca yang letaknya berdekatan dengan sejumlah sekolah di Tenggarong bisa menambah minat baca serta mempererat hubungan antara masyarakat dengan TNI yang tengah memperingati hari jadinya ke 74. 

"Mudah-mudahan Pak Bupati juga menambah taman lain yang dilengkapi klinik baca," cetusnya didampingi Dandim 0906/Tenggarong Letkol Inf Charles Alling dan Bupati Kukar Edi Damansyah.

Ketua PERABOI dr Walta Gautama mengungkapkan, nama klinik baca memang dibuat berbeda dengan sebutan perpustakaan pada umumnya.

"Nama klinik itu agak unik, Alhamdulillah Pak Dandim dan Bupati menyediakan tempat yang mirip orang mau berobat, orang bisa happy, santai, bisa bermain sambil baca, jadi sehat banget," bebernya.

Bupati Kukar Edi Damansyah yang didampingi Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kukar Aji hasanuddin mengapresiasi berdirinya klinik baca dan akan mendukung wadah serupa di dua kecamatan.

"Ini kan zona tengah, nanti satu di zona hulu dan zona pesisirnya di Sanga-Sanga. Semuanya sama, tinggal kita poles klinik baca ini, saya kira manfaatnya akan lebih besar untuk warga masyarakat," tukasnya.

Ditegaskan Dandim 0906/Tenggarong Letkol Inf Charles Alling, inisiasi yang didorong Kodim dalam kaitannya dengan klinik baca merupakan bagian dari akselerasi teritorial.

"Harapannya kita membuat hal-hal yang lebih kreatif, inovatif, mendekatkan diri dengan masyarakat. Dan upaya yang kita lakukan ini bisa dimanfaatkan masyarakat," ucapnya.

Ditambahkan Dandim, klinik baca yang berada di tempat aktifitas warga diharapkan dapat merubah paradigma masyarakat agar gemar membaca.

"Jadi upaya kita supaya masyarakat memahami benar bahwa membaca adalah jendela masa depan dan jendela dunia, sehingga gerakan gemar membaca ini terus membumi dan memasyarakat. Secara otomatis SDM kita pasti akan lebih berkualitas dengan kemampuan membaca yang lebih baik," imbuhnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top