Penanaman 1.000 Pohon di Muara Jawa, Prajurit TNI Pakai Teknik Repling

Penanaman bibit pohon di Muara Jawa pada rangkaian peringatan Hari Juang TNI AD 2019
(Foto: Kodim 0906/Tgr)

Gerakan penanaman sejuta pohon yang diinisiasi Kodim 0906/Tenggarong menjadi salah satu rangkaian peringatan Hari Juang TNI AD 2019 Kodam VI/Mulawarman, di halaman depan SMKN  1 Muara Jawa, Selasa (10/12).

Kegiatan ini melibatkan 500 orang dari unsur TNI-Polri, Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana, Pemkab, Ormas, Pramuka, Pelajar serta masyarakat. Ada 1.000 bibit pohon yang ditanam, jenis buah-buahan diantaranya matoa, rambutan, sirsak, jambu Batu, jambu Agung, serta tanaman sengon dan trembesi. 

Uniknya, penanaman pohon juga dilakukan di medan terjal dengan teknik repling atau menuruni tebing yang dilakukan prajurit TNI, di mana lokasi penanaman tidak seluruhannya datar, salah satunya berada di ketinggian dan harus di tanami agar bisa menahan tanah dan tidak mudah tergerus oleh air hujan.

"Penghijauan adalah salah satu kegiatan penting yang harus dilaksanakan secara konseptual dalam menangani krisis Iingkungan. Begitu pentingnya, sehingga penghijauan sudah merupakan program nasional yang dilaksanakan di seluruh penjuru tanah air," ujar Kasrem  091/ASN Kolonel Inf Ruslan Effendy membacakan sambutan tertulis Danrem 091/ASN Brigjen TNI Widi Prasetijono.

Lebih lanjut, sebagai paru-paru dunia, penghijauan sangat penting untuk mencegah efek dari global warming yang sekarang ini mulai terjadi akibat kurangnya penghijauan, banyaknya penggundulan hutan, dan efek dari rumah kaca. 

"Kegiatan penanaman pohon yang dilaksanakan di Kelurahan Dondang, Kecamatan Muara Jawa, sebagai kepedulian kita dalam mendukung program pemerintah dalam bidang penghijauan untuk merehabilitasi lahan-lahan kritis secara maksimal, serta pemulihan akibat dampak kebakaran yang terjadi beberapa waktu lalu," ucap Kasrem.

Beberapa prajurit TNI tanam pohon dengan teknik repling atau menuruni ketinggian diatas lahan terjal
(Foto: Kodim 0906/Tgr)

Dengan adanya penanaman pohon dalam gerakan ini, diharapkan dapat memberikan estetika dan keindahan untuk keasrian kota, juga akan berdampak positif terhadap kualitas lingkungan dan kehidupan masyarakat. 

Selain itu, sambungnya, manfaat dari penghijauan dapat berfungsi sebagai penyaring panas sinar matahari di jalan, yang mampu menjaga keseimbangan kadar oksigen (O2) dan karbondioksida (CO2) serta mengurangi polusi dan meredam kebisingan. 

"Saya berharap agar kegiatan penanaman pohon ini, dapat ditindaklanjuti dengan perawatan pasca tanam untuk mempertahankan posisi tumbuh agar tetap tegak dan stabil, sehingga apa yang kita tanam pada hari ini tentunya menjadi tanggung jawab kita semua untuk membuat alam dan lingkungan menjadi lebih baik dari hari ke hari," cetus Kasrem.

Dandim 0906/Tenggarong Letkol Inf Charles Alling menyampaikan, kegiatan penanaman pohon tersebut bukan kali pertama dilakukan oleh Kodam VI/Mulawarman. Dikatakannya, kegiatan ini adalah bentuk kontinuitas program TNI dalam rangka untuk turut serta mendukung kegiatan program pemerintahan dalam hal ini adalah gerakan sejuta pohon.

"Tajuk yang kita kedepankan ini selaras dengan pelaksanaan hari juang TNI AD yang sedianya akan kita rayakan bersama pada tanggal 15 Desember tahun ini. Oleh karena itu, melalui momentum yang sangat baik ini kita hadir untuk memberikan suatu dorongan positif kepada masyarakat untuk terus peduli kepada lingkungan kita," jelasnya.

Ditambahkan Dandim, pihaknya terus berkolaborasi dan mendengarkan berbagai aspirasi, sehingga apa yang dilakukan ini benar-benar sesuai dengan aspirasi masyarakat. (*/Kodim 0906-Tgr/k2n)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top