Bertambah Satu, Pasien Positif COVID-19 di Kutai Kartanegara Jadi 2 Orang

Bupati Kukar Edi Damansyah saat mengumumkan pasien kedua positif COVID-19
(Foto: Candra)

Jumlah pasien terkonfirmasi posiitif Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kutai Kartanegara (Kukar) kini bertambah 1 orang lagi.


Bupati Kukar Edi Damansyah dalam keterangan persnya, Jumat (20/03) malam, di Pendopo Odah Etam, mengatakan, pasien tersebut tengah diisolasi di RSUD AM Parikesit dalam kondisi stabil. 

"Riwayat pasien pernah melakukan perjalanan ke Balikpapan dan Jakarta untuk menghadiri acara yang berskala regional dan nasional," bebernya.


Saat pasien nomor dua ini ditetapkan sebagai Orang Dalarn Pemantauan (ODP), yang bersangkutan kata Edi melakukan isolasi diri di rumah. 

"Sebagaimana prosedur penanganan COVID-19, saat ini telah dilakukan langkah-langkah sesuai prosedur, mulai dari melakukan penyelidikan epidemiologi, kontak tracing, serta penyemprotan desinfectan ke lokasi-lokasi kontak tracing," ucapnya

Dengan adanya penambahan kasus positif  menjadi dua orang di Kukar, ia pun menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama menghentikan laju penyebaran COVID-19.

"Saya menginstruksikan agar kita betul-betul menerapkan sosial distancing (menjaga jarak sosial)," pinta Edi. 

Bagi yang berstatus ODP, dirinya meminta agar melakukan dan mematuhi prosedur isolasi di rumah sesuai ketentuan.

"Bagi pihak-pihak yang telah dinyatakan harus melakukan isolasi di rumah agar betul-betul mematuhi prosedur tersebut sarnpai masa isolasi dinyatakan selesai oleh petugas kesehatan," ujarnya..

Kepala Dinas Kesehatan Kukar dr Martina Yulianti, menyebutkan, pasien positif kedua ini seorang perempuan berusia 37 tahun.

"Yang bersangkutan berasal dari klaster yang berbeda dari kasus positif di Samarinda, Balikpapan dan Kukar. Ini klaster baru, kita menduga sumber penularannya dari Jakarta," jelasnya. (end)

1 comments:


Top