Kukar Persiapkan New Normal, Penegakan Disiplin Diuji Coba di Tenggarong

Keterangan pers Bupati Kukar Edi Damansyah usai memimpin apel terpadu di Makodim Tenggarong
(Foto: Istimewa)

Pemerintah kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) telah melakukan relaksasi dalam menghadapi persiapan tatanan normal baru atau new normal.

Hal itu disampaikan Bupati Kukar Edi Damansyah usai memimpin apel terpadu kesiapan penegakan disiplin masyarakat, di halaman Markas Kodim 0906/Tenggarong, Kamis (04/06) pagi.

"Kita sudah melakukan relaksasi terhadap beberapa aktifitas, baik itu aktifitas sosial kemasyarakatan, sosial keagamaan dan ekonomi kerakyatan. Ini sudah kita mulai aktifitasnya seperti pasar malam, angkringan, kafe maupun pedagang kaki lima," ujarnya.

Meski relaksasi di beberapa sektor telah dimulai, namun ia menegaskan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 tetap diterapkan. Karenanya penegakan disiplin masyarakat akan melibatkan berbagai unsur dari TNI-Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan.

"Kita ingin uji cobanya dulu di kecamatan Tenggarong di Pasar Gerbang Raja Mangkurawang dan beberapa rumah ibadah," beber Edi.

Operasi penegakan disiplin ini juga akan melibatkan kekuatan sosial kemasyarakatan yang ada di desa/kelurahan di setiap kecamatan yakni  Satgas COVID Desa.

"Satgas ini tidak hanya bertugas menangani COVID-19 di tingkat desa, namun juga melaksanakan kebijakan tugas yang dilakukan oleh pemerintah melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi," kata Edi. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top