Amankan Pilkada 2020 di Kukar, Ratusan Personel Kepolisian Diterjunkan

Kapolres Kukar AKBP Irwan Masulin Ginting saat memberikan keterangan kepada wartawan
(Foto: Endi)

Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang digelar pada 9 Desember 2020 mendatang, ratusan aparat keamanan akan diterjunkan untuk melakukan pengamanan di Kutai Kartanegara (Kukar).

Hal itu diungkapkan Kapolres Kukar AKBP Irwan Masulin Ginting saat menggelar silaturahmi bersama awak media di ruang TriBrata, Rabu (09/09/2020) lalu.


"Akan melibatkan seluruh anggota kita sekitar 700 lebih personel, itu belum di backup Brimob (Brigade Mobil)," bebernya.

Lanjutnya, sesuai kebutuhan, personel Brimob akan membackup pengamanan Pilkada disesuaikan dengan eskalasi kerawanan di daerah.

"Tahapan itu akan kita evaluasi, kita anev (analisis dan evaluasi). Tahapan mana yang rawan dan membutuhkan backup dari Brimob," kata Irwan.

Terkait pelaksaan Pilkada di tengah pandemi COVID-19, orang nomor satu di jajaran Polres Kukar ini turut menyampaikan himbaunnya.

"Pertama, dalam pesta demokrasi ini agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Kedua, tetap mematuhi aturan dan Undang-undang yang berlaku, jangan sampai terprovokasi sehingga melakukan perbuatan yang dapat merugikan masyarakat di Kutai Kartanegara," ucapnya.

Jika ada perselisihan atau sengketa dalam Pilkada, ia berpesan agar seluruh pihak dapat menahan diri dan menyelesaikannya sesuai aturan yang ada.

"Namanya pesta demokrasi harusnya kan senang-senang bukan bikin perpecahan dan keributan, ujung-ujungnya malah berkaitan dengan pidana," imbuh Irwan. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top