Operasi Lilin 2020 di Kukar Fokus Pada Pencegahan COVID-19

Kasat Lantas Polres Kukar AKP Creato Sonitehe Gulo saat diwawancara awak media
(Foto: Endi)

Untuk mengamankan libur Natal dan Tahun Baru 2021, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menggelar Operasi Lilin Tahun 2020. Operasi ini juga bagian dari upaya mencegah kerumunan massa agar penularan COVID-19 dapat dihindari.

Sebagaimana disampaikan Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Kutai Kartanegara (Kukar) AKP Creato Sonitehe Gulo, Kamis (24/12/2020), Operasi Lilin yang digelar serentak dari 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021 termasuk di Kukar lebih ditekankan pada operasi kemanusian.

Dikatakannya, beredarnya informasi melalui grup whatsapp yang menyebutkan akan ada razia kendaraan disertai jadwal operasi tidaklah benar.

"Itu hoax semua, kita fokus pada pencegahan COVID-19. Kita lebih pada operasi kemanusiaan kepada masyarakat dan mencegah masyarakat untuk berkumpul saja," jelasnya.

Ia menghimbau agar pada malam pergantian tahun 2021 nanti masyarakat tidak berkumpul atau membuat kerumunan untuk merayakannya.

"Harapan kita nanti malam tahun baru masyarakat jangan keluar dulu, ini kan COVID lagi meningkat, jadi kalau bisa tahun baru di rumah," ujar Kasat Lantas.

Dia menambahkan, menyambut malam pergantian tahun di tengah pandemi bisa dilakukan dengan berkumpul bersama keluarga atau orang terdekat melalui aplikasi tatap muka seperti zoom meeting tanpa harus berkerumun di luar rumah.

"Ngapain kita mengambil resiko satu kali pertemuan di akhir tahun dengan mempertaruhkan resiko kesehatan kita semua," tandasnya.

Sebagai informasi, pada 23 Desember 2020 lalu, Kapolri Jenderal Idham Azis telah mengeluarkan Maklumat Kapolri tentang Kepatuhan Protokol Kesehatan dalam Pelaksanaan Libur Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021.

Maklumat tersebut untuk memberikan perlindungan dan menjamin keamanan serta keselamatan masyarakat selama pelaksanaan libur Natal dan tahun baru. Kepada seluruh masyarakat, Kapolri meminta agar tidak menyelenggarakan pertemuan ataupun kegiatan yang mengundang kerumunan orang banyak di tempat umum. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top