Hari Ini Larangan Mudik Diberlakukan, Polres Kukar Siapkan Pos Penyekatan

Kabag Ops Polres Kukar AKP M Aldy Harjasatya saat memberikan keterangan kepada wartawan
(Foto: Rini D)

Operasi Ketupat Mahakam 2021 resmi dilaksanakan hari ini hingga 17 Mei mendatang. Polres Kutai Kartanegara (Kukar) pun telah mendirikan pos pelayanan terpadu, pos pengamanan dan pos pelayanan. 

Sebagaimana surat edaran Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor tanggal 30 April 2021 yang tertuang pada poin 1 huruf  c yakni penyekatan pada pintu masuk keluar wilayah agar masyarakat tidak mudik.

"Untuk pos penyekatan yang pertama di patung Lembu Swana dan pos entry point RSUD AM Parikesit. Sedangkan di Samboja walaupun itu pos pelayanan tapi juga merangkap sebagai pos penyekatan," terang Kabag Ops Polres Kukar AKP M Aldy Harjasatya, Rabu (05/05/2021) kemarin.

Sementara 1 pos penyekatan untuk mengantisipasi pemudik lokal didirkan di kawasan Pal 5 Jalan Wolter Monginsidi, Tenggarong.

"Penyekatannya kita lakukan secara random (acak), dimana jam-jam rawan ramai kendaraan kita lakukan penyetopan," bebernya.

Nantinya pengemudi maupun penumpang kendaraan yang memasuki pos penyekatan akan dilakukan pemeriksaan, mulai dari suhu tubuh, kartu identitas, hingga tujuan.

"Apabila ada suhu tubuh diatas 38 derajat celcius akan dilakukan swab antigen dan apabila positif maka kita ada petugas dari Dinas Kesehatan yang membawa ke rumah sakit terdekat," kata Aldy.

Jika pengemudi kendaraan dan penumpang tidak memiliki tujuan jelas, maka akan diminta memutar balik kendaraannya.

"Kalau keperluannya tidak jelas akan kita suruh pulang, kalau yang positif kita bawa ke rumah sakit," tegasnya kembali.

Aldy menambahkan, untuk pos penyekatan termasuk di ruas tol KM 38 Samboja akan dijaga personel gabungan TNI-Polri, Satgas Gakkum dari Satpol PP, Dinas Perhubungan serta Dinas Kesehatan (end)

Baca Juga:  Operasi Ketupat Mahakam 2021 Dimulai Besok, 447 Personel Polres Kukar Diterjunkan

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top