Gerakan Etam Mengaji di Kukar Sukses Digelar, Diikuti Ribuan Peserta

Ribuan peserta mengikuti GEMA Kukar dari Taman Kota Raja hingga sepanjang Turap Mahakam
(Foto: Endi)

Pemerintah kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) sukses menggelar Gerakan Etam Mengaji (GEMA) Al Qur'an yang bertepatan dengan hari ke-21 Ramadhan 1443 H, Jumat (22/04/2022) sore, di Tenggarong.

Ribuan peserta yang berasal dari kalangan pelajar SD, SMP, SMA, guru, serta mahasiswa, terlihat membaca Al Qur'an di kawasan Taman Kota Raja yang merupakan lokasi utama kegiatan hingga di sepanjang Turap Mahakam.

Bahkan Bupati Kukar Edi Damansyah yang didampingi Wakil Bupati Rendi Solihin, Sekda Sunggono, Kadisdikbud Kukar Thauhid Aprilianoor, Ketua DPRD Kukar Abdul Rasyid, turut mengawali melantukan ayat suci Al Qur'an.

"Momentum hari ini tidak hanya bagian dari kita melakukan seremoni, tetapi ini betul-betul peran serta masyarakat untuk menyambut dengan baik kebijakan kami khususnya berkaitan dengan Gerakan Etam Mengaji di Kutai Kartanegara," ujar Edi.

Ia mengatakan, terselenggaranya kegiatan ini setelah adanya usulan dari berbagai pihak yang kemudian dilaksanakan melalui Disdikbud Kukar. Meski antusiasme sangat besar, pihaknya menyadari pandemi COVID-19 belum usai sehingga kegiatan tidak dilaksanakan secara luas sebagaimana keinginan dari berbagai komponen.

"Mudah-mudahan kegiatan ini bisa kita jadikan agenda rutin dan tidak hanya bertepatan dengan bulan Ramadhan, nanti kita atur dengan baik karena semangatnya sudah sangat tinggi, moment ini juga kita berdoa semoga COVID-19 cepat reda," ucapnya.

Dia berharap jika COVID-19 ditetapkan menjadi endemi, maka kegiatan keagamaan dapat dilaksanakan lebih leluasa lagi, terlebih program GEMA telah ditetapkan dalam Perda Nomor 4 Tahun 2021 yang diharapkan dapat berjalan di 193 desa, 44 kelurahan dan 18 kecamatan di Kukar.

"Kami sangat menangkat atmosfir yang berada di komponen masyarakat, di sekolah-sekolah terhadap kegiatan seperti ini sangat besar. Mudah-mudahan kegiatan ini memberikan dorongan motivasi untuk memperkuat tekad dan semangat terutama niat kita bersama untuk membumikan Al Qur'an di Kutai Kartanegara," tandasnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top