Polres Kukar Imbau Masyarakat Waspada Tindak Kejahatan Saat Ramadhan

Kasat Reskrim Polres Kukar AKP Gandha Syah Hidayat sampaikan himbauan memasuki Ramadhan
(Foto: Endi)

Memasuki bulan Ramadhan 1443 Hijriyah, Polres Kutai Kartanegara (Kukar) menghimbau masyarakat khususnya umat muslim agar tetap waspada terhadap tindak kejahatan.

Hal ini disampaikan Kasat Reskrim Polres Kutai Kartanegara (Kukar) AKP Gandha Syah Hidayat usai menggelar press conference, Sabtu (02/04/2022) kemarin.

Ia mengingatkan umat muslim yang akan melaksanakan ibadah sholat tarawih untuk selalu memastikan kondisi dan keamanan rumah sebelum ditinggalkan.

"Tindak pidana kejahatan terjadi karena adanya niat pelaku dan kesempatan karena keteledoran dari kita sendiri. Jangan lupa untuk selalu mengunci pintu, pagar, jendela, dan tentunya barang berharga kalau bisa jangan ditinggal," ucapnya..

Mantan Kapolsek Loa Kulu ini mengatakan, trend kenaikan angka kriminalitas saat bulan puasa dan menjelang hari lebaran cenderung tinggi. Terkait hal itu, Polres Kukar rutin melaksanakan patroli.

"Sudah terlaksana secara rutin oleh Satuan Samapta. Mudah-mudahan dengan adanya patroli tersebut, kehadiran personil di lapangan membuat orang-orang yang tadinya berniat jahat mengurungkan niatnya tersebut," kata Gandha.

Terkait balap liar yang kerap terjadi di malam bulan Ramadhan, dia menghimbau kepada para orang tua maupun guru untuk berperan aktif mengedukasi anak-anak akan bahaya aksi tersebut .

"Tolong bisa disampaikan, ajarkan kepada anak-anak didik atau anaknya sendiri. Sayangilah nyawa, hargailah nyawa, karena nyawa itu cuma satu, jangan hanya mengatasnamakan kebebasan, akhirnya merenggut nyawa dan menghancurkan masa depan remaja tersebut," cetusnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top