Sispamkota dan Deklarasi Damai Jelang Pemilu 2024 Digelar di Kutai Kartanegara

Salah satu simulasi pengamatan kota yang digelar Polres Kukar di depan kantor KPUD Kukar
(Foto: Humas Polres Kukar)

Kepolisian Resor (Polres) Kutai Kartanegara (Kukar) melaksanakan apel gelar pasukan simulasi pengamanan kota (Sispamkota) dan dekalrasi damai jelang Pemilu 2024, Selasa (19/09/2023) pagi.

Apel yang digelar di depan kantor Komisi Penilihan Umum (KPU) Kukar diikuti peserta dari unsur TNI-Polri, Satpol PP, Linmas, Dinas Perhubungan, BPBD, serta Dinas Pemadakam Kebakaran dan Penyelamatan.

Asiten 1 Setkab Kukar Ahmad Taufik Hidayat yang betindak selaku pimpinan apel menyampaikan apreasiasi terhadap dukungan dan partisipasi terhadap upaya persiapan keamanan dalam rangka menghadapi Pemilu 2024.

"Kami atas nama pemerintah daerah menyampaikan terima kasih atas segala dukungan, koordinasi, komunikasi, sehingga apa yang dilakukan Insya Allah sebelum dan sesudah Pemilu akan memberikan dampaik yang baik khususnya terhadap wilayah kabupaten Kutai Kartanegara," ucapnya.

Dihadapan Kapolres Kukar AKBP Hari Rosena beserta jajaran dan perwakilan Forkopimda lainnya, termasuk pejabat dari lingkungan Polda Kaltim, Taufik berharap agar pelaksanaan Pemilu 2024 di Kukar berlangsung aman.

Dalam kegiatan Sispamkota yang digelar Polres Kukar juga dilakukan Deklarasi Damai Pemilu 2024
(Foto: Humas Polres Kukar)

Sementara itu dalam Sispamkota yang diperagakan oleh personil Polres Kukar dari berbagai Satuan digambarkan tahapan situasi pra pemilu di Kukar yang aman, damai, dan lancar.

Simulasi diawali dengan kegiatan patroli rutin gabungan antara TNI-Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan di jalur darat serta di kawasan sungai Mahakam.

Selanjutnya gambaran tahapan kampanye, mulai dari proses sterilisasi, barikade lapisan pengamanan, sampai dengan masuknya masa tenang kampanye.

Berikutnya tahapan pemungutan dan penghitungan suara, hingga simulasi kesigapan aparat menghalau aksi massa yang tidak puas terhadap hasil Pemilu di gedung KPU Kukar..

Kegiatan ini diakhiri dengan deklarasi damai yang dibacakan oleh Ketua KPU Kukar Purnomo didampingi Ketua Bawaslu Kukar Teguh yang diikuti oleh pimpinan partai politik peserta Pemilu serta seluruh tamu dan undangan. (mmbse)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top