PT MGRM dan Anak Perusahaannya Tandatangani Kesepakatan Bersama Dengan Unikarta


PT Mahakam Gerbang Raja Migas atau MGRM (Perseroda) bersama PT MPP Kutai Mahakam dan PT Sarana Inti Sinergi melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dengan Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) dan Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (Fisipol) Unikarta, Rabu (20/09/2023).

Penandatanganan kesepakatan bersama yang digelar di kantor PT MGRM ini dalam rangka tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responcibility (CSR) dan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Mewakili Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah, Kabag Kerjasama Setkab Kukar Ismi Nurul Huda mengatakan, penandatanganan kesepakatan kerjasama ini merupakan wujud sinergitas, kolaborasi, implementasi kerjsama secara triple helix antara pemerintah daerah, universitas dan industri.

"Pemerintah kabupaten Kutai Kartanegara terus berkomitmen untuk memberikan ruang kepada akademisi Unikarta pada umumnya dan secara khusus kepada Fisipol Unikarta untuk berkontribusi dalam pemanfaatan dan pemberdayaan CSR perusahaan-perusahaan daerah dimana pemkab Kukar sebagai pemilik sahamnya," ujarnya.

Dalam pemanfaatan CSR yang dilandasi oleh kerjasama triple helix ini, maka manfaat yang diperoleh diharapkan lebih signifikan dalam mengembangkan inovasi melalui kegiatan pengkajian dan penelitian oleh perguruan tinggi.

"Universitas yang memanfaatkan CSR harus berperan secara spesifik menjadi pusat ilmu pengetahuan dan teknologi yang memiliki peran strategis dalam pembangunan, dan menciptakan peradaban dalam masyarakat yang berbasis ilmu pengetahuan," kata Ismi 

Atas nama pemerintah daerah, ia mengapresiasi langkah dari Perseroda PT MRGM beserta anak perusahaannya dalam mendukung pembangunan dan pencapaian visi misi Kukar Idaman yang menggandeng pihak akademisi.

Direktur PT MGRM Efri Novianto menjelaskan, penandatanganan kerjasama melalui CSR anak perusahaannya tersebut terkait finalisasi pembangunan masjid di kampus Unikarta.

"Antara MGRM dengan Unikarta selain CSR juga pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi, dalam artian nanti kita libatkan para dosen itu dalam proses penelitian termasuk pengajaran, kemudian pendampingan sebagai tim ahli yang tentu mereka punya teori-teori besar, nah secara praktis kan kami yang menjalani," bebernya.

Selain itu, kerjasama dengan Fisipol Unikarta dilakukan dalam hal penempatan sejumlah mahasiwanya untuk magang dan belajar di PT MGRM.

"Jadi konsep teori itu coba kita sandingkan secara praktis, bagaimana sih bisnis itu yang sebenarnya," ungkap Efri.

Sementara itu Rektor Unikarta Prof  Dr Ir Ince MP menegaskan, bahwa kesepakatan yang telah ditandatangani harus diimplementasikan dalam wujud nyata. 

"Terus terang ini yang pertama kali ada Perseroda yang bisa membantu pengembangan kampus Unikarta," tukasnya. (mmbse)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top