Gerakan Pangan Murah Digelar, Bupati Launching Kredit Kukar Idaman Bunga Nol Persen

Bupati Edi Damansyah bersama perwakilan petani pada acara launching Kredit Kukar Idaman
(Foto: Istimewa)

Pemerintah kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Ketahanan Pangan menggelar Gerakan Pangan Murah yang diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia, Senin (16/10/2023) pagi tadi.

Acara yang digelar hingga Selasa (17/10/2023) di halaman parkir Gedung C kantor Bupati Kukar ini diikuti berbagai pelaku usaha, UMKM, serta dinas terkait.

Gerakan Pangan Murah sebagaimana disampaikan Bupati Kukar Edi Damansyah, adalah salah satu upaya untuk menekan inflasi. Dikatakannya, tanggungjawab untuk mengendalikan inflasi bisa dilakukan secara bersama-sama sampai pada tingkat Kecamatan dan Desa. 

"Penanganan dampak inflasi tidak bisa dilakukan sendirian maka perlu etam (Kita) betulungan. Kalau di tingkat Kabupaten TPID telah melakukan langkah penanganan inflasi maka langkah ini juga diharapkan juga dilakukan secara bersama-sama hingga di tingkat desa, seperti Gerakan Pangan Murah yang dilakukan pada hari ini," ujarnya.

Ia menambahkan, jika pengendalian inflasi ini bisa dilakukan bersama-sama, maka dampaknya adalah inflasi bisa terkendali.

"Sehingga masyarakat tidak kesulitan untuk mendapatkan pangan dengan harga yang terjangkau," cetusnya dihadapan unsur Forkopimda serta undangan yang hadir.

Pengunjung acara gerakan pangan murah serentak di halaman parkir Gedung C kantor Bupati Kukar
(Foto: Istimewa)

Dalam kesempatan itu, Bupatu Edi Damansyah melaunching Kredit Kukar Idaman yang ditandai dengan penandatangan persetujuan surat Kredit Kukar Idaman oleh perwakilan sejumlah petani dari kecamatan Tenggarong dengan Pimpinan Bank Kaltimtara Cabang Tenggarong 

Kredit Kukar Idaman diperuntukkan bagi petani, nelayan, dan pembudidaya ikan, dimana prrogram ini dilaksanakan atas kerjasama Pemkab Kukar bersama OJK Provinsi Kaltim, TPAKD Kukar dan Bankaltimtara, nantinya program ini juga akan disupport JAMKRIDA Kaltim.

Program ini merupakan lanjutan dari pemberian Kredit Kukar Idaman bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang telah dilaksanakan sebelumnya pada tahun 2021. 

"Kredit Kukar Idaman ini bertujuan memberikan penguatan dalam akses permodalan yang selama ini menjadi salah satu kendala di lapangan sehingga mereka sering tersandung permasalahan dengan rentenir," tegas Edi

Untuk diketahui, Kredit Kukar Idaman menerapkan bunga 0 % dengan plafond kredit maksimal sampai dengan Rp.50 juta atau sesuai hasil analisis di lapangan oleh Bank Kaltimtara, sedangkan jangka waktu kredit maksimal sampai dengan 36 Bulan

Dalam acara ini, Bupati Edi Damansyah menyerahan bantuan pangan beras secara simbolis kepada 10 orang Kelompok Penerima Manfaat (KPM). Bantuan ini berasal dari cadangan pangan pemerintah yang bersumber dari dana APBN kepada 19.246 KPM di 20 kecamatan Se-Kukar dengan jumlah bantuan beras sebanyak 182.460 Kg per-bulan dan akan mendapat bantuan selama 3 bulan dari September-November 2023.

Selain itu juga diserahkan bantuan sarana produksi pertanian pemanfaatan pekarangan masyarakat melalui program Pondok Pangan Etam dalam rangka penanggulangan kemiskinan 2023, serta penyerahan bantuan bangunan lantai jemur dari program pengelolaan sumber daya ekonomi untuk kedaulatan dan kemandirian pangan. (mmbse)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top