Resmi Dibuka, Lomba Perahu Ketinting Piala Pangdam VI Cup 2023 di Tenggarong Digelar 3 Hari

Dandim 0906/KKR mengibarkan bendera start lomba ketinting Piala Pangdam VI Cup Tahun 2023
(Foto: Endi)

Lomba perahu ketinting Piala Pangdam VI Cup 2023 resmi dibuka di dermaga pelabuhan penyeberangan Pulau Kumala, Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar), Jumar (20/10) pagi tadi.

Lomba dalam rangka memperingati HUT TNI ke-78 ini diikuti peserta perwakilan kecamatan- kecamatan di Kukar dan beberapa dari kabupaten serta provinsi lain seperti Kalimantan Utara dan Kalimantan Selatan.

Komandan Kodim (Dandim) 0906/KKR Letkol Inf Jeffry Satria usai mengibarkan bendera start mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan oleh Kodam VI Mulawarman, sementara Kodim 0906/KKR selaku pelaksana lomba yang digelar selama 3 hari.

"Dari kegiatan ini semangatnya sekaligus kita merayakan HUT TNI, kita juga melestarikan olahraga tradisional yang sudah menjadi ciri khas masyarakat perairan wilayah Kaltim khususnya Kutai Kartanegara," terangnya.

Diharapkan lomba perahu ketinting Piala Pangdam VI Cup 2023 bisa meningkatkan animo dan mempromosikan wilayah Kukar. Dandim pun menyampaikan harapan Pangdam VI Mulawarman Mayor Jenderal (Mayjen) Tri Budi Utomo.

"Karena animonya cukup besar waktu acara Erau kemarin, beliau ingin adanya olahraga tradisional ini dilestarikan dan juga bisa dikenal masyarakat luas, makanya kita adakan secara besar-besaran supaya juga nanti orang luar tahu bahwa kita punya olahraga khas disini (Kukar)," ucap Jeffry.

Ia menambahkan, panitia menyiapkan hadiah berupa  uang pembinaan ,tropi dan medali, serta  hadiah tambahan dari sponsor Motoyama  berupa mesin Merk motoyama dan paket tour Jakarta selama 3 hari 4 malam serta tambahan uang saku.

"Antusiasme cukup tinggi ya, hanya karena memang keterbatasan waktu, jadi hari ini dan besok kita laksanakan babak penyisihan dan semi final. Untuk final hari Minggu  (22/10/2023) Jadi kita batasi sekitar 130an lebih starter (Joki, Red)," jelasnya. 

Adapun kelas yang dipertandingkan yaitu Kelas Max 500 cc Piston 94 mm joki depan, Kelas Max 230 cc piston 75 mm joki depan, Kelas Max 500 cc Piston 94 mm joki depan veteran, serta Kelas Max 500 cc Piston 94 mm joki belakang. 

Plt Asisten II Setkab Kukar Dapif Haryanto.yang membuka secara resmi lomba perahu ketinting Piala Pangdam VI Cup 2023 berharap agar lomba ini dapat menjadi motivasi dalam rangka mengembangkan dan mempromosikan potensi wisata di Tenggarong, serta untuk meningkatan PAD melalui retribusi biaya pariwisata.

"Lomba perahu ketinting adalah olahraga kreasi yang merupakan tradisi atau budaya di masyarakat Kutai Kartanegara, tentunya perlu d isupport oleh berbagai pihak agar budaya ini bisa dilestarikan dan dilaksanakan secara rutin," harapnya. (mmbse)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top