Lapas Tenggarong Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW


Peringatan Maulid Di Lapas Tenggarong
Foto: pemasyarakatan.com
kutaikartanegaranews - 06/01/2015
Para pegawai dan 800 penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tenggarong memadati tenda yang terpasang di lapangan lapas, Senin (5/1). Dengan penuh kekhusyuan, mereka mengikuti tausyiah dari Ustad Das’ad Latif asal Makassar dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadiv PAS) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalimantan Timur, Hermawan Yunianto, mengimbau seluruh jamaah agar meneladani sifat-sifat Rasulullah. “Peringatan Maulid Nabi jangan hanya seremonial yang tanpa hikmah, namun harus menjadi pelajaran dalam mengarungi kehidupan bermasyarakat, termasuk kehidupan di lapas,” ucap Kadiv PAS saat membuka acara.

Selain Kadiv PAS, hadir pula dalam acara tersebut yakni Kepala Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkumhan Kalimantan Timur, ustad/ustadzah pembina rohani Islam Lapas Tenggarong, serta Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, Ketua Majelis Ulama Indonesia, Ketua Badan Amil Zakat, dan perwakilan Kementerian Agama Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Sementara itu, dalam acara yang bekerja sama dengan Panitia Hari Besar Islam Kabupaten Kukar tersebut, Ustad Das’ad menyampaikan bahwa sabar adalah kunci utama Rasulullah dalam menyebarkan ajaran/akidah Islam. “Tanamkan dalam diri kita sifat sabar dalam kehidupan sehari-hari. Para penghuni lapas bisa berada disini bukan karena jahat, hanya kurang sabar dalam menghadapi cobaan hidup,” jelas Ustad Das’ad.

Para jamaah tampak terlarut dengan tausyiah yang disampaikan. Dengan dialek Sulawesi Selatan yang khas, Ustad Das’ad membuat seluruh jamaah tak sedikit pun beranjak dari acara yang berlangsung selama dua jam tersebut. (IR/pemasyarakatan.com)


Top