Smart City Kukar Akan di Bangun Investor Jepang

Ilustrasi Smart City
Foto: smartcity-planning.co.jp

kutaikartanegaranews.com - 23/02/2015
Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia akan membentuk konsorsium perusahaan dari dalam dan luar negeri untuk mengerjakan proyek smart city dan Bandara Loa Kulu di Kutai Kartanegara. Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Penanaman Modal dan Promosi Daerah (BPMPD) Kukar, Bambang Arwanto, Minggu (22/02) kemarin. 

Menurut Bambang, Pembicaraan mengenai kerja sama investasi antara Kyushu Economic Federation dan Kadin Indonesia yang dihadiri Bupati Kukar Rita Widyasari, telah dilaksanakan di Fukoka Jepang pada (10/02) lalu, dan akan ditindak lanjuti dengan memorandum of understanding (MoU) antara kedua belah pihak.


Ia menjelaskan, Kerja sama dengan investor swasta dari negara Jepang, yakni Kyushu Economic Federation tersebut, nantinya akan membangun Smart city atau kota pintar dan Bandara Loa Kulu tanpa menggunakan dan APBD.



Bambang menambahkan, Kyushu Economic Federation dan Kadin Indonesia akan memprioritaskan lebih awal pembangunan pembangkit listrik untuk kemandirian energi smart city dan bandara. Kedua belah pihak sudah melakukan perhitungan kebutuhan listrik mandiri standar Kota Pintar dengan kabel jaringan bawah tanah.



Kota Pintar tersebut, menurutnya, merupakan model kota yang akan dibangun di sekitar Bandara Loa Kulu dan bersinergi dengan infra struktur Kota Tenggarong yang merupakan ibu kota Kabupaten Kutai Kartanegara. 



"Kota Pintar Kutai Kartanegara ini, merupakan percontohan pertama di indonesia yang digagas Kadin Indonesia dengan menggandeng beberapa perusahaan konsorsium bekerja sama dengan Kutai Kartanegara," ungkap Bambang.



Direncanakan, ground breaking atau peletakan batu pertama dan peluncuran smart city termasuk Bandara Loa Kulu kukar, akan dilaksanakan pada Maret 2015 mendatang. (ekn)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top