Kemarau, Petani Tanam Padi di Danau Semayang

Kemarau panjang, para petani memanfaatkan lahan danau Semayang untuk menanam padi sejak bulan Agustus 2015
Foto : sm4agrikukar

Musim kemarau di Kutai Kartanegara (Kukar) telah berlangsung selama hampir 3 bulan, bahkan menurut perkiraan BMKG, kemarau akan berlangsung hingga penghujung tahun 2015. Dampaknya, salah satu danau yakni danau Semayang di desa Pela, Kecamatan Kota Bangun, mulai mengering, sebagian diantaranya kini dimanfaatkan petani untuk menanam padi.

Upaya pemanfaatan dasar danau ini dianggap bisa membantu menambah produksi hasil pertanian, atau setidaknya bisa untuk mencukupi kebutuhan petani sendiri dalam menghadapi kemarau panjang tahun ini. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Produksi dan Pengolahan Pasca Panen Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (Distan TPH) Kukar, Suyanto.

Seperti dilansir dari laman news.kutaikartanegarakab.go.id, Suyanto mengatakan, Pada akhir bulan Agustus lalu sudah ada upaya pemanfaatan Danau Semayang dengan penanaman padi diatas lahan seluas 100 hektare, Pemkab Kukar melalui Distan TPH telah membantu para petani dengan memberikan bibit sebanyak 2 ton.

Ia menambahkan, Pemanfaatan lahan dasar danau itu sendiri sudah sering dilakukan petani saat air danau sedang surut atau kering ketika kemarau dan menjadi lahan mencari ikan jika kondisi danau dalam keadaan normal, termasuk jadi lahan ternak kerbau kalang oleh petani setempat. (ekn/kminfo)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top