Amankan Natal dan Tahun Baru, Polres Kukar Gelar Operasi Lilin Mahakam 2015

Apel pasukan Operasi Lilin Mahakam 2015 digelar di halaman Mapolres Kukar, Rabu (23/12), Apel yang diikuti berbagai satuan seperti TNI, Satpol PP, Dishub dan BPBD Kukar ini menurunkan sekitar 416 personil untuk melakukan pengamanan jelang perayaan hari Natal dan Tahun baru 2016.
Foto: Dok.Humas Polres Kukar 

Polres Kutai Kartanegara menggelar apel pasukan Operasi Lilin Mahakam 2015 yang digelar dihalaman Mapolres Kukar, Tenggarong, Rabu (23/12) pagi. Apel diikuti masing-masing perwakilan satuan seperti TNI, Satpol PP, Dishub, dan BPBD Kukar. 

Bertindak sebagai komandan upacara, Kanit Regident Satlantas Polres Kukar, IPTU Reza Pratama, dan Inspektur Upacara, Sekertaris Daerah Kukar, H.Marli. Dalam amanat yang dibacakannya, Marli berharap rencana pengamanan selama perayaan Natal 2015 dan malam pergantian Tahun Baru 2016 berjalan aman dan lancar."Saya berharap perayaan Natal dan Tahun Baru 2016 berjalan aman dan lancar,"ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Kukar AKBP Handoko yang ditemui usai apel gelar pasukan mengatakan, dirinya berharap rencana pengamanan dapat diimplementasikan dalam tahap pengaplikasian dengan maksimal. Dengan demikian, Anggota kepolisian khususnya Polres Kukar dapat menjamin masyarakat yang melakukan ibadah Natal dan merayakan pergantian tahun dengan tertib dan lancar.

"Kita akan mengaplikasian pengamanan ini dengan maksimal dan pihak kepolisian dapat menjamin masyarakat yang melakukan ibadah Natal dan merayakan pergantian tahun dengan aman, tertib dan lancar,"terangnya.

Kapolres menjelaskan, di wilayah hukum Polres Kukar, ada 187 gereja yang tersebar di 16 kecamatan, dan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan Polres Kukar akan menurunkan Satu Unit Jihandak dan Satu Unit Wanteror dari Satuan Brimob,

"Tidak kita pungkiri aksi Terorisme di Kukar bisa saja terjadi, untuk mengantisipasi hal tersebut kita akan menurunkan Dua unit satuan dari Brimob seperti Jihandak dan Wanteror untuk menjamin Keamanan dan Kelancaran,"ungkapnya.

Menurutnya, setiap kali perayaan hari besar, aktivitas dan mobilitas masyarakat mengalami peningkatan seperti di pusat keramaian, tempat ibadah, objek wisata, terminal,hotel,perbankan dan pegadaian."Untuk mengantisipasi lonjakan massa yang sudah memasuki libur panjang ini, kita sudah membuat pos pelayanan dan pengamanan di setiap titik yang sudah kita tentukan yang masing-masing pos terdiri dari 10 personil,”tambahnya.

Operasi Lilin Mahakam 2015 akan berlangsung selama 11 hari, terhitung sejak 23 Desember 2015 hingga 2 Januari 2016 mendatang. Sebanyak 416 personil termasuk dari instansi terkait diturunkan untuk melakukan pengamanan. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top