Berlangsung 3-6 September, Popprov ke-XIV Kaltim Resmi Dibuka

Asisten III Setprov Kaltim Bere Ali menyerahkan piala bergilir Popprov kepada Wabup Kukar Edi Damansyah
Foto: Endi

Pembukaan Pekan Olahraga Pelajar Provinsi (Popprov) Kalimatan Timur (Kaltim) ke-XIV tahun 2016, berlangsung di Stadion Rondong Demang, Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar). Sabtu (03/09) pagi.

Kegiatan rutin atau kalender 2 tahunan kejuaraan olahraga multi event tingkat provinsi yang melibatkan pelajar SLTP dan SLTA ini diawali dengan defile peserta dari 10 Kabupaten/Kota, diiringi penampilan kelompok marching band.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Porprov ke-XIV, Tajuddin Noor, Popprov tahun ini adalah sebagai bagian dari proses pembinaan olahraga jangka panjang.

"Sekaligus untuk menumbuhkan kesadaran berolahraga serta menjadi ajang meraih prestasi dalam upaya membentuk karakter atlet menjadi insan yang sportif, mandiri, sehat dan berbudi luhur," ujarnya.

"Popprov menjadi moment dan ajang pencarian bibit atlet-atlet muda berbakat yang diproyeksikan sebagai atlet andalan dari Kaltim pada even kejuaraan regional, nasional maupun internasional," sambung Tajuddin yang juga menjabat sebagai Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kukar.

Sementara itu, Wakil Bupati Kukar, Edi Damansyah, mengatakan, kedatangan duta-duta olahraga dari 10 kabupaten/kota, akan menggugah dan kembali menggairahkan semangat keolahragaan di daerah.

"Mari bangun semangat untuk bertanding dan berjuang membawa nama daerah masing-masing. Hindari hal-hal yang dapat merusak citra pelajar dan menodai makna berolahraga," ucapnya membacakan sambutan tertulis Bupati Kukar, Rita Widyasari.

Ia pun mengingatkan agar para peserta terus menjunjung tinggi nilai-nilai fairplay dan sportivitas dalam setiap pertandingan. "Perlu kita ingat bahwa warisan terbesar serta harta tak ternilai dalam olahraga adalah nilai-nilai persahabatan dan persaudaraan," kata Edi.

Asisten III Setprov Kaltim Bidang Kesejahteraan Rakyat, H Bere Ali yang mewakili Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak, menyatakan, Popprov menjadi ajang untuk menilai sejauh mana keberhasilan pembinaan terhadap para pelajar yang nantinya akan menjadi atlet-atlet dewasa.

"Pekan Olahraga Pelajar Provinsi Kalimantan Timur tahun 2016, merupakan ajang untuk mencetak para atlit pelajar lokal berprestasi menuju tingkat regional dan tingkat nasional," tuturnya dihadapan dihadapan peserta, tamu undangan dan masyarakat.

Bere Ali selanjutnya membuka secara resmi Popprov ke-XIV yang ditandai dengan pemukulan gong dan pelepasan balon ke udara. Acara dilanjutkan dengan pengucapan janji atlit/wasit serta penyerahan tropi juara umum/bergilir, dan ditutup dengan persembahan senam Jepen Massal 

Untuk diketahui, Popprov ke-XIV mempertandingkan 19 cabang olahraga resmi dan 2 cabang olahraga eksibisi. berlangsung dari tanggal 3-6 September 2016, diikuti sebanyak 1.944 peserta yang terdiri dari atlet, pelatih serta official.

Masing-masing kabupaten/kota yakni, Samarinda mengirimkan sebanyak 317 peserta, Kutai Barat 90 peserta, Balikpapan 226 peserta, Kutai Timur 175 peserta, dan Mahakam Ulu 77 peserta.

Disusul Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) 128 peserta, Berau 190 peserta, Bontang 240 peserta, Paser 166 peserta, serta tuan rumah Kutai Kartanegara (Kukar) 335 peserta. (end)

Pemukulan gong sebagai tanda dibukanya Pekan Olahraga Pelajar Provinsi (Popprov) Kaltim ke-XIV tahun 2016
Foto: Endi









Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top