Wabup Kukar Lepas Peserta Takbiran Keliling Idul Adha 1437 H

Wakil Bupati Kukar, Edi Damansyah, memukul beduk tanda dilepasnya peserta takbiran keliling Tenggarong
Foto: Endi

Ditandai dengan pemukulan beduk, Wakil Bupati (Wabup) Kukar, Edi Damansyah, melepas secara resmi peserta takbiran keliling kota Tenggarong dalam rangka menyemarakkan perayaan hari raya Idul Adha 1437 hijriyah, Minggu (11/09) malam.

Meski jumlah peserta yang menggunakan kendaraan roda empat maupun kendaraan bak terbuka bisa dihitung dengan jari, namun petugas Satlantas Polres Kukar dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kukar tetap melakukan pengawalan.

Rute start takbiran keliling dimulai dari depan halaman masjid Agung Sultan Sulaiman, tepat melintasi panggung kehormatan.

Sesaat sebelum melepas peserta takbiran, Wakil Bupati menyanpaikan himbauan agar para peserta menjaga situasi tetap kondusif.

"Sebagai bagian dari perayaan hari raya Idul Adha, pawai takbiran berkeliling kota Tenggarong ini, saya harapkan dapat berlangsung dengan tertib, aman dan terkendali," ucap Edi.

Dikatakannya, terciptanya kondisi yang aman merupakan hal yang penting guna memberikan gambaran atau syiar, bukan hanya bagi sesama umat Islam namun juga umat beragama lainnya.

"Hal ini sangat penting saya sampaikan mengingat banyaknya peristiwa serta kejadian pada akhir-akhir ini yang sering memberikan gambaran negatif mengenai Islam," tuturnya.

Sebagai umat yang besar, Wakil Bupati mengajak umat muslim agar bisa menahan diri sekaligus dapat menunjukkan Islam adalah agama yang indah, damai dan menyejukkan.

"Keindahan, kedamaian dan kesejukan Islam hanya akan tergambar dari pribadi-pribadi muslim yang ikhlas," ucapnya.

Menurut Edi, sebagai bagian masyarakat yang majemuk, umat muslim di Kukar khususnya di kota Tenggarong harus selalu berupaya mengajak sesama umat Islam untuk bersatu dengan membangun kebersamaan, dialog dan komunikasi untuk mempertebal ketakwaan.

Ditambahkannya, pawai takbiran kali ini juga sebagai gambaran dari umat Islam yang memiliki semangat juang. 

"Semangat juang umat muslim di kota Tenggarong ini tentunya sangat diharapkan, terutama dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab pembangunan di Kutai Kartanegara," ucapnya.

Turut hadir mendampingi Wakil Bupati, Kapolres Kukar, AKBP Fadillah Zulkarnaen, Plt Sekda Kukar, H Marli, Ketua MUI Kukar, H Hormansyah, dan sejumlah Kepala SKPD. (end)

Mobil Patwal Satlantas Polres Kukar mengawal iring-iringan kendaraan peserta pawai takbiran keliling
Foto: Endi








Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top