Maron dan Mega Dinobatkan Sebagai Teruna Dara Kukar 2016

Ardy Maroni dan Niluh Nyoman Mega Tri Ratnasari (tengah) dinobatkan sebagai Teruna Dara Kukar 2016
Foto: Endi 

Malam grand final pemilihan Teruna Dara Kutai Kartanegara (Kukar) yang berlangsung di Ballroom Mulawarman Hotel Grand Elty Singgasana, Tenggarong, Jum'at (21/10) malam, berjalan sukses.

Puncaknya, Finalis Teruna nomor urut 09, Ardy Maroni dan finalis Dara nomor urut 04, Niluh Nyoman Mega Tri Ratnasari, dinobatkan sebagai Teruna Dara Kukar 2016.

Sementara untuk Pasangan Wakil I Teruna Dara Kukar 2016, terpilih finalis Teruna nomor urut 01, Rahmat Hamdani dan finalis Dara nomor urut 08, Irma Istiqomah Muhiddin.

Finalis Teruna nomor urut 03 yakni Freddy Prasetyo dan finalis Dara nomor urut 02, Bella Kesta, dipilih sebagai Pasangan Wakil II Teruna Dara Kukar 2016.

Berikutnya Pasangan Teruna Dara Persahabatan, kembali dinobatkan nama Rahmat Hamdani dan Niluh Nyoman Mega Tri Ratnasari.

Untuk kategori Teruna Dara favorit juga kembali terpilih nama Freddy Prasetyo dan Irma Istiqomah Muhiddin. 

Sedangkan untuk Pasangan Teruna Dara Berbakat yaitu finalis Teruna nomor urut 15, Ari Haryadhi dan finalis Dara nomor urut 20, Nada Selvia.

Terakhir Pasangan Teruna Dara Best Presentation ada finalis Teruna nomor urut 11, Catur Septi Nanda dan finalis Dara, Irma Istiqomah Muhiddin yang kembali memboyong 3 selempang sekaligus.

Usai penyerahan piala bergilir kepada Teruna Dara Kukar 2016, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kukar, Sri Wahyuni mengatakan, semua Teruna Dara mengemban misi utama untuk melestarikan budaya, memajukan dan mempromosikan pariwisata daerah. 

"Dari 20 finalis ada satu pasang finalis yang menjadi duta terdepan, mereka mewakili finalis pada tahun ini untuk menjadi representasi generasi muda mewakili pemerintakh kabupaten di dalam menyuarakan budaya daerah dan memajukan, mempromosikan potensi pariwisata Kukar," terangnya. 

Sementara terkait teknis penilaian Teruna Dara tahun ini, Ketua Asosiasi Duta Wisata Indonesia (Adwindo) Kukar, Dahruliansyah, menyatakan, sebelumnya ada 49 peserta yang telah diseleksi hingga akhirnya terpilih 20 orang finalis duta wisata.

"Pada tahapan seleksi penilaian para finalis, kami melibatkan 4 orang juri, ada juri public speaking, juri kebudayaan, juri bahasa Inggris dan juri obyek wisata," sebutnya.

Pria yang akrab disapa Arul ini berharap, Teruna Dara Kukar 2016 bisa memperkenalkan daerahnya secara luas khususnya di sektor pariwisata. 

"Mereka diharapkan mampu memberikan yang terbaik dan bisa mempromosikan daerah kita, tidak hanya melalui pamflet tetapi juga melalui sosial media," ucapnya. (end)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top